3 Faktor Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter Mesin

Tahukah anda penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin ada banyak faktor, komponen ini sering dianggap sepele namun penting lho. Oleh sebab itu, anda perlu mengetahuinya kira-kira apa saja sih komponen penting yang seringkali dianggap sepele ini. Dengan begitu anda bisa lebih menghargai dan merawat beberapa komponen yang akan saya sebutkan di bawah ini. Ayo simak liputannya!

Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter Mesin

  • Aki Mobil

aki mobil

Seiring pemakaian aki pada mobil juga bisa lemah dan tekor lho. makanya aki bisa menjadi penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin. Hal ini karena aki menjadi penunjang pertama dalam kelistrikan mobil dan komponen elektronik lainnya. Jika aki tekor atau lemah akan menyebabkan dinamo starter tidak memiliki cukup energi untuk menyalakan mobil akibatnya tentu saja mesin mobil tidak bisa menyala.

Solusi paling pertama menangani penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin yang satu ini bisa anda lakukan adalah mengecek indikator aki pada dashboard apakah indikator yang satu ini menyala. Caranya dengan memutar kunci kontak dalam keadaan menyala, lalu perhatikan lampu indikator aki, jika terdapat lampu dengan gambar kotak aki menyala maka dapat dipastikan baterai mobil dalam hal ini aki dalam kondisi lemah.

Solusi kedua adalah cek menggunakan multitester. Pertama Anda harus menempelkan kabel probe warna merah dari multitester ke terminal positif aki yang warna merah juga atau bertanda plus (+). Lalu, tempelkan probe kabel berwarna hitam dari multitester ke terminal negatif aki berwarna hitam atau bertanda minus (-). Lalu perhatikan tegangan yang terdapat pada multitester.

Nilai Tegangan Aki (Volt) Kondisi Aki Mobil (%) Status Aki Mobil
12.60 V 100% Bagus
12.45 V 75% Sedang
12.30 V 50% Lemah
12.15 V 25% Jelek

Solusi Ketiga adalah anda dapat membersihkan kutub positif aki menggunakan air panas dan sikat gigi. Biasanya bagian yang paling memiliki banyak endapan kerak putih adalah bagian kutub positif. Hal ini dapat terjadi karena adanya oksidasi air aki yang mengandung asam sulfat dan normal terjadi pada jenis aki basah. Dan jangan sampai penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin ini menjadi membesar karena aki yang tidak terawat bisa menimbulkan masalah yang serius.

Caranya adalah pastikan posisi kontak mobil sudah mati atau off. Lalu siapkan wadah berisi soda atau campuran air cuka dengan tepung baking soda. Siapkan juga sikat gigi bekas. Kemudian celup sikat ke campuran dan lumurkan ke area kutub yang terkena kerak, diamkan 5-7 menit agar cairan memiliki waktu untuk merontokkan kerak. Setelah itu sikat perlahan sampai tidak terlihat endapan kerak, ulangi sampai kerak tidak ada lagi. Lalu setelah dirasa cukup keringkan langsung dengan kain lap dan harus kering. Karena cairan ini mengandung korosi sehingga harus segera di lap sampai kering ya sebelum kutubnya di pasang lagi.

  • Filter Bahan Bakar Kotor atau Tersumbat

filter bahan bakar

Filter bahan bakar memiliki fungsi untuk menyaring bahan bakar dari kotoran dan debu sebelum masuk ke dalam ruang bakar. Jika filter kotor atau bahkan tersumbat tentunya akan menjadi penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin, hal ini dikarenakan jumlah deposit kotoran yang ada pada filter menumpuk dan menyumbat saluran bahan bakar sehingga potensi menjadi kabut untuk dibakar menjadi sedikit.

Selain filter bahan bakar menjadi tersumbat atau kotor, tentunya ada beberapa penyebab lain seperti fuel pump bermasalah dan pengaliran bahan bakar terhambat. Biasanya jika fuel pump lemah dapat diakibatkan dengan udara dingin yang ekstrem, sehingga membuat aliran bahan bakar dari tangki ke injeksi atau karburator menjadi tidak sempurna. Sedangkan jika pengaliran bahan bakar terhambat seringkali terjadi di pagi hari atau saat mesin sedang panas. Hal seperti ini seringkali disebabkan karena berhentinya aliran bahan bakar dari tangki ke mesin.

Solusi dari masalah-masalah ini adalah dengan memanggil teknisi andalan, karena jika yang tersumbat filter bahan bakar anda harus mengganti filternya, namun jika fuel pump bermasalah anda harus membersihkan fuel pump atau mengganti fuel pump dengan yang baru. Dan jangan sampai penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin ini menjadi masalah besar.

  • Busi Mobil

busi mobil

Busi merupakan penyebab terakhir mengapa mobil matic tidak bisa distarter mesin. Hal ini dikarenakan busi memiliki peran penting sebagai pemberi percikan atau yang sering disebut bunga api ke dalam ruang bakar yang telah dikompresi dengan campuran bensin dan udara. Busi menjadi perangkat paling penting di mesin berbahan bakar bensin.

Jika busi berkarat atau kotor maka pembentukan bunga api tidak akan berjalan normal. Cara membersihkan busi kotor cukup mudah. Pertama pastikan mesin dalam keadaan dingin, lalu buka busi menggunakan kunci busi. Siram kepala busi dengan bensin sedikit saja agar kepala busi basah. Lalu bersihkan kerak atau sisa karbon yang biasanya berbentuk arang hitam dengan menggunakan sikat kawat. Ulangi kedua langkah ini sampai bersih. Hal terakhir adalah semprot busi dengan kompresor atau dianginkan sampai benar-benar kering sebelum anda pasang lagi.

Baca Juga : Kapasitas Oli Mesin Avanza 1300

INGAT! anda jangan merendam busi di dalam bensin. Hal ini dikarenakan dapat mengikis elektroda pada busi dan akan mempercepat kerusakan. Hal lain yang tidak boleh anda lakukan adalah dengan melakukan amplas pada bagian elektroda, jika anda melakukannya maka akan lebih cepat memperpendek usia pakai busi. Dan jangan sampai penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin ini menjadi masalah mengingat peranan busi yang sangat penting untuk mobil.

Nah, bagaimana ketiga komponen ini memang menjadi perhatian besar bagi pengguna mobil matic. Penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin juga seringkali dilewatkan dan tidak terlalu menjadi kekhawatiran pengguna. Sebaliknya anda perlu memperhatikan dan merawat ketiga komponen ini ya. Karena jika tidak bisa fatal dan akan muncul masalah baru. Jadi tolong diperhatikan ya!

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *