Ternyata Ini! 4 Penyebab Mobil Matic Nyentak dan Solusinya

Memiliki mobil matic merupakan keuntungan sendiri. Tapi tahukah terkadang beberapa penyebab mobil matic nyentak tidak diketahui pasti. Untuk itu saya akan membagi informasi mengenai beberapa penyebab mobil matic nyentak yang pastinya sangat mengganggu. So, tunggu apalagi ayo kita simak liputannya.

Penyebab Mobil Matic Nyentak

  1. Oli Matic Kotor 

Oli mobil matic yang kotor merupakan penyebab mobil matic nyentak. Hal ini dikarenakan dalam transmisi matic pada mobil, oli ini bukan hanya bekerja sebagai pelumas saja namun juga sebagai kontrol kerja dan pendingin kinerja matic tersebut. Jika olinya kotor maka akan berpengaruh pada seluruh kinerja transmisi matic. Biasanya hal yang paling sering ditemui ketika oli matic kotor adalah mobil anda mengalami perpindahan gigi secara otomatis tanpa disentuh.

bengkel mobil terdekat

Cara pencegahannya anda bisa membawanya ke bengkel terdekat dan mengganti oli transmisi matic sesuai dengan saran dari pabrikan atau buku manual ketika anda membeli mobil. Pada dasarnya oli transmisi pada mobil matic biasanya diganti setiap 40 ribu atau 60 ribu kilometer tergantung pada situasinya. Solusi agar anda tidak lupa mengganti oli transmisi matic ini adalah dengan memasang catatan pada dasbor anda atau sunshade anda, beri tanggal, pada kilometer berapa dan dimana anda mengganti oli matic sebelumnya. Hal ini akan memudahkan anda untuk mengganti oli transmisi matic di kilometer berikutnya.

  1. Ada Masalah pada AT Solenoid

AT solenoid adalah sistem transmisi otomatis yang memungkinkan anda memindahkan transmisi saat mobil dalam kondisi di rem. Shift Interlock Solenoid ini berfungsi untuk memindahkan transmisi saat anda menginjak rem terlebih dahulu. Beberapa perpindahan transmisi yang membutuhkan rem seperti dari P (park) ke D (drive) dan R (Reverse), lalu dari N (neutral) ke R (Reverse) dan dari gigi R (Reverse) ke P (park). Cara kerjanya adalah transmisi akan bisa berpindah jika kunci mekanisnya terlepas pada saat sudah menerima sinyal dari injakan rem yang kita lakukan.

masalah pada AT solenoid

Biasanya masalah yang paling sering terjadi adalah rusaknya solenoid transmisi. Inilah yang menjad penyebab mobil matic nyentak atau bahkan sampai tidak bisa dipakai. nilah yang menjad penyebab mobil matic nyentak atau bahkan sampai tidak bisa dipakai. Kerusakan ini memang bukanlah masalah yang serius namun akan sangat menjengkelkan jika mobil anda tidak bisa digunakan sama sekali. Gejala solenoid rusak paling sering terjadi adalah saat tuas transmisi di posisi P (park) kunci mobil tidak bisa keluar dari lubang kunci.

Oleh karena itu, solusinya jika hal ini terjadi anda harus segera menghubungi bengkel resmi terdekat untuk segera mendapatkan penggantian dan pengecekan apakah baterai aki mobil juga ikut mati. Karena dalam beberapa kasus kerusakan shift interlock solenoid ini bisa disebabkan karena aki yang mati meskipun sejatinya fungsi solenoidnya masih dapat bekerja.

  1. Komponen Elektrik Bermasalah

Komponen elektrik yang bermasalah juga menjadi penyebab mobil matic nyentak.Seperti yang seharusnya anda sudah tahu pada mobil jaman sekarang sudah ada ECU (Electric Control Unit) dan TCM (Transmission Control Modul), dimana kedua sistem ini memiliki fungsi untuk mengontrol kerja perpindahan gigi yang disesuaikan dengan putaran mesin.

Jika komponen elektrik ini bermasalah maka kedua sistem ini tidak dapat berfungsi dengan maksimal. Selain itu, dengan rusaknya satu atau beberapa komponen kelistrikan akan menimbulkan beberapa efek seperti engine braking tidak responsif, responsivitas perpindahan gigi menjadi lebih lamban, sulitnya perpindahan gigi sampai AT solenoid yang rusak.

Pencegahannya selalu cek kondisi aki mobil, perhatikan tandanya. Jika berwarna biru maka kondisi aki masih bagus, jika sudah merah maka anda perlu menggantinya, mengisi air aki atau melakukan isi daya baterai. Namun, hal ini berbeda jika anda menggunakan aki kering. Anda tidak perlu mengganti atau mengisinya.

Solusi terbaik selalu cek di bengkel resmi terdekat yang menyajikan jasa pengecekan menyeluruh. Sehingga mobil anda akan selalu ‘fit’ di setiap kondisi.

  1. Penyetelan Kabel Accelerator Kickdown Salah

Kickdown pada jenis mobil bertransmisi otomatis merupakan mekanisme untuk bisa berakselerasi spontan dalam kondisi jalan menanjak. Itu berarti pada saat pengemudi terlalu cepat menekan pedal gas maka akan terjadi kickdown, lalu kecepatan gigi dalam transmisi matic akan menurun satu tingkat, sehabis itu baru naik lagi untuk mendapatkan torsi ketika menanjak.

Penyetelan Kabel Accelerator Kickdown Salah

Jika penyetelan kabel akselerator kickdown salah maka akan menjadi penyebab mobil matic nyentak sehingga solusi pastinya anda harus ke bengkel terdekat untuk di setel ulang kabelnya. Jika kabelnya putus anda harus menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga : Harga Ganti Oli Mobil

Penyebab mobil matic nyentak ternyata bisa terjadi karena hal-hal kecil ya. Nah, makanya jangan sampai deh anda sebagai pengguna mobil matic melewatkan hal – hal seperti ini. Jika anda menemukan salah satu saja, langsung panggil bengkel mobil terpercaya ya. Contohnya panggil saja Dokter Mobil, bengkel mobil terpercaya.

Tags:
No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *