Mau Tahu Oli Avanza Berapa Liter? dan List Harga Olinya

Mobil Avanza adalah mobil sejuta umat keluarga Indonesia, namun tahukah anda kira-kira oli avanza berapa liter? Ini dia jawabannya. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai kapasitas mobil dari Toyota Avanza baik dari tipe transmisi manual dan transmisi matic. Kapasitas oli dari Toyota Avanza memang terbagi menjadi dua yaitu Avanza 1300cc dan Avanza 1500cc, adapun kapasitas mobil Avanza yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis.

Kapasitas Oli Avanza berapa Liter?

bengkel mobil terdekat

Mobil Avanza sejuta umat ini memiliki 2 jenis yaitu transmisi manual 1300 cc dengan kapasitas oli 2.3L tanpa filter oli dan bertambah 0.2L dengan filter oli menjadi 2.5L. Untuk mobil Avanza manual 1500 cc memiliki kapasitas oli sebesar 2.7L tanpa filter oli dan bertambah 0.3 L dengan filter oli menjadi 3.0 Liter. Sedangkan pada Toyota Avanza dengan transmisi otomatis 1500 cc memiliki kapasitas oli sebesar 3.2L tanpa filter oli dan bertambah 0,3 L dengan filter oli menjadi 3.5L. Nah, sudah tahu oli avanza berapa liter untuk kendaraan Anda?

Apa akibat yang ditimbulkan Jika anda sampai salah memilih oli mesin?

Setelah tahu oli avanza berapa liter, Anda akan lanjut ke pembahsan beberapa akibat yang akan anda hadapi jika sampai salah memilih oli mesin adalah mesin ngelitik. Cirinya mesin akan mengeluarkan bunyi kasar dan bergetar. Bisa saja karena oli terlalu kental maka pergerakan komponen oli mesin menjadi lamban. Selain itu akibat lain adalah overheating. Karena kinerja mesin mobil yang bekerja tidak optimal akibatnya tenaga mesin merosot dan mesin menjadi lebih cepat panas.

Lalu akibat selanjutnya adalah mesin menjadi stres. Pergerakan komponen mesin yang tidak teratur mengakibatkan banyak efek buruk pada mesin sehingga tekanan menjadi meningkat dan mengakibatkan mesin stress sehingga jalan satu-satunya adalah dengan turun mesin dengan biaya berkali lipat dibandingkan yang lainnya.

Untuk itu anda perlu sekali untuk memperhatikan oli mesin mobil anda. Gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil. Caranya dengan melihat pada buku manual kendaraan serta lakukan pergantian oli setiap 10.000 km.

Tipe oli seperti apa yang cocok untuk mobil Avanza?

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, bahwa oli yang anda pilih tidak boleh terlalu kental dimana akan menyebabkan pergerakan komponen mesin lamban dan tidak boleh terlalu encer dimana pergerakan komponen mesin akan menyebabkan mesin bergerak lebih cepat. Oleh sebab itu, adan perlu tahu beberapa tips berikut ini. Dan ingat oli avanza berapa liter, karena percuma saja olinya cocok tapi tidak sesuai dengan takaran.

Ketahui SAE nya

SAE atau Society of Automotive Engineering adalah indeks internasional kekentalan oli yang digunakan seluruh dunia. Pada dasarnya untuk mengetahui kekentalan oli yang tepat untuk kendaraan dapat anda lihat pada buku manual. Namun ada beberapa perbedaan penggunaan oli di negara tropis dan negara 4 musim.

Pada negara 4 musim penggunaan SAE bisa sampai minus, hal ini dikarenakan pada negara 4 musim, dibutuhkan oli dengan  titik didih suhu sangat rendah dibawah 0 derajat Celsius agar saat dipakai oli tidak beku. Berbeda dengan negara tropis seperti Indonesia tidak membutuhkan oli dengan indeks kekentalan lebih rendah daripada suhu 0 derajat. Kekentalan juga harus di imbangi dengan pengetahuan oli avanza berapa liter.

Oli Mineral, Oli Semi Sintetik atau Full Sintetik

ganti oli mobil terdekat

Dalam memilih oli tidak hanya kuantitas seperti oli avanza berapa liter saja yang menjadi acuan. Akan tetapi oli mineral adalah oli yang dibentuk dari 80% hasil minyak bumi yaitu mineral kemudian dicampur dengan 20% zat aditif agar hasilnya bisa stabil. Oli jenis ini yang paling sering digunakan untuk alat berat dan mobil yang memiliki tahun produksi 15 tahun lebih tua daripada mesin mobil sekarang. Harga Oli ini relatif lebih murah dibandingkan oli full sintetis.

Sedangkan Oli semi sintetis adalah oli yang prosesnya mengambil 50% hasil minyak bumi, mineral dan zat aditif serta indeks kekentalan dimana indeks ini tidak terdapat pada mineral. Dengan kata lain, 50% alami dan 50% buatan. Sehingga memiliki kelebihan untuk lebih stabil di suhu panas dan bisa merontokkan kerak pada mesin mobil. Oli jenis ini juga lebih murah.

Kemudian oli full sintetis, dimana oli ini 100% dibuat tanpa mineral, yang ada hanya percampuran zat kimia yang akan menghasilkan peningkatan pada mesin, performa mesin, boost up dan kestabilan pada suhu panas ekstrim sekalipun. Oli ini cenderung lebih mahal dibandingkan kedua oli diatas namun memiliki performa lebih tinggi.

Baca Juga : Mobil Ndut-ndutan di RPM Rendah

Nah dengan kedua pengetahuan ini maka dapat disimpulkan bahwa oli yang cocok untuk mobil Avanza adalah sebagai berikut ini.

Jenis Oli Harga Oli
Oli Ravenol VMO 5W-30 Rp. 240.000,-
Oli Ravenol EHS 5W-40 Rp. 235.000,-
Oli Ravenol VMO 5W-40 Rp. 237.000,-
Oli Ravenol TSI 10W-40 Rp. 150.000,-
Oli 9Circle 5W-30 4 L Rp. 1.022.670
Oli 9Circle 5W-40 4L Rp. 1.022.670
Oli 9Cirlce 10W-40 4L Rp. 749.958

Oli Avanza berapa liter dan list harga olinya sudah saya cantumkan. Nah, bagaimana apakah anda sudah tahu dan sudah menentukan oli apa yang akan anda pakai. Jika sudah segera beli ya, jangan lupa kunjungi Dokter Mobil untuk diskon menarik berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *