Mobil Ndut-Ndutan Saat Injak Gas? Kira-Kira Kenapa Ya??

Mobil ndut-ndutan saat injak gas, dapat terjadi karena beberapa faktor bisa distribusi bahan bakar mampet atau gagalnya pengapian. Selain itu juga lemahnya supply udara, throttle body kotor, injektor kotor dan filter bensin. Oleh sebab itu, bagi anda yang pernah mengalaminya selamat anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini.

5 Penyebab mobil ndut-ndutan saat injak gas

mobil matic nyentak

Filter Bensin Mampet

Penyebab utama mobil ndut-ndutan saat injak gas adalah filter bensin yang sudah terlalu banyak endapan kotoran sehingga menyebabkan mampet. Seperti yang harus anda ketahui filter bensin berfungsi untuk menyaring kotoran agar saat proses pembakaran tidak menyumbat injektor atau masuk ke ruang bakar. Filter yang mampet akan membuat aliran bahan bakar terganggu sehingga suplai bahan bakar menjadi terhambat.

Solusinya filter bensin bisa dibersihkan dengan memasukkan bensin dari arah masuk filter, kemudian dikocok dan dikeluarkan. Namun anda tidak boleh menyemprotnya menggunakan dengan angin bertekanan tinggi ya, karena filter bensin pada umumnya terbuat dari kertas sehingga akan sangat rentan sobek jika disemprot dengan angin bertekanan tinggi. Solusi lainnya adalah dengan mengganti dengan filter bensin yang baru.

Pompa Bensin Rusak atau Lemah

filter bahan bakar

Mobil ndut-ndutan saat injak gas bisa jadi karena pompa bensin. adalah komponen yang sangat penting, karena fungsi pompa bensin ini adalahh menyuplai bensin dari tangki yang berada di bagian bawah mobil ke dalam mesin. Pompa bensin terdiri dari dua tipe, yang pertama adalah pompa bensin mekanik atau membran dan pompa bensin elektrik. Pompa bensin mekanik bekerja dengan putaran mesin untuk mendistribusikan bahan bakar sedangkan pompa bensin elektrik membutuhkan daya atau listrik untuk mendistribusikan bahan bakar.

Pada pompa bensin mekanik yang paling sering menyebabkan mobil ndut-ndutan saat injak gas adalah pompa bensin sudah melewati usia pakai sehingga sering terjadi kebocoran dan tumpahnya oli pada pompa bensin tipe ini. Pompa ini masih dapat digunakan tapi jika kondisinya parah dapat menyebabkan mobil ndut-ndutan saat injak gas. Sedangkan pada pompa bensin elektrik, gejala paling sering adalah juga ndut-ndutan dan tidak bisa suplai bahan bakar sama sekali. Maka dari itu, solusi dari keduanya adalah menggantinya dengan yang baru.

Injektor atau Karburator Kotor/Mampet

Komponen keempat penyebab mobil ndut-ndutan saat injak gas ialah injektor yang kotor atau mampet akan membuat bensin tidak bisa didistribusikan ke ruang bakar. Jika kondisinya ringan anda dapat membersihkannya dengan carburator cleaner. Namun jika kondisinya sudah terlampau berat anda harus membawa mobil anda ke bengkel untuk dibersihkan. Ini berlaku untuk kedua jenis mobil yaitu karburator dan injeksi. Namun jika anda ingin membersihkan sendiri dengan tangan anda sendiri begini caranya.

  • Untuk mobil karburator caranya adalah :
    1. siapkan obeng plus dan minus, kunci 10, kunci 12, kunci 14, tang dan carburator cleaner.
    2. Buka rumah filter udara dan filternya dengan kunci 10 dan kunci 12.
    3. buka selang bahan bakar dan selang lainnya yang langsung terhubung ke karburator. Jangan lupa membuka semua kabel termasuk kabel gas yang terhubung, lakukan dengan kehati-hatian.
    4. Buka baut pemasangan karburator atau mur. lalu angkat manifold karburator.
    5. anda tidak perlu membuka spuyer dan pilot jet pada pembersihan kali ini untuk menghindari potensi terbalik saat pemasangan
    6. setelah semua bagian karburator terlepas, bersihkan dengan sikat dan carburator cleaner, lalu semprot juga semua lubang di sudut karburator dengan carburator cleaner.
    7. Setelah semua sudut bersih, pasang kembali semua komponen karburator. Saat memasang karburator ke mesin anda dapat menambahkan lem tembak untuk mencegah kebocoran.
    8. Setelah semua terpasang barulah anda nyalakan mesin dan sesuaikan angin karburator.
    9. Lalu pasang lagi filter udara dan rumahnya
  • Untuk mobil injeksi caranya adalah : 
    1. bersihkan saringan bahan bakar atau fuel filter dengan cara memasukkan bensin ke lubang selang injeksi lalu kocok-kocok hingga kotoran dalam filter rontok, lakukan terus sampai kotoran yang berwarna cokelat pekat hilang
    2. setelah itu baru anda bisa membersihkan injektor mobil, hal pertama yang dilakukan adalah hidupkan mobil
    3. lalu buka skring injektor (relay fuel pump) untuk memutuskan arus listrik yang menuju ke fuel pump
    4. tunggu sampai mesin mati, ini menandakan tidak ada lagi tekanan yang ada pada saluran bahan bakar sehingga nanti bahan bakar tidak akan tumpah pada saat anda akan melepas sambungan pada pipa bensin dan injektor mobil
    5. matikan mesin lewat kunci kontak lalu lepaskan terminal kutub negatif (-) aku
    6. buka pipa selang bensin yang berada dekat injektor mobil
    7. buka injektor melalui delivery pipe, hati hati pada proses ini agar sealnya tidak putus, cacat atau rusak.
    8. buka seal injektor dan pastikan seal dalam keadaan baik
    9. bersihkan bagian luar injektor dengan injector cleaner
    10. lalu pasang adaptor mobil, siapkan juga aki 12 volt, pasangkan salah satu kabel yang ada pada kutub negatif aki pada salah satu terminal injektor mobil, pasang juga kabel lainnya ke terminal injektor lainnya juga
    11. tekan injector cleaner hingga cairan pembersih bertekanan dapat terisi di dalam adaptor injektor
    12. jika cairan pembersih sudah mulai masuk ke dalam adaptor, selanjutnya putus satu kabel injektor yang ada pada terminal aki positif. Setelah itu proses pembersihan pada lubang injektor akan dimulai
    13. Semprotan dari injektor cleaner akan keluar ketika anda menghubungkan kabel positif injektor mobil dengan terminal aki positif.
    14. Setelah anda memastikan kondisi injektor sudah bersih, anda dapat memasang kembali injektor dan sealnya. lakukan dengan hati-hati jangan sampai ada bagian yang rusak.
    15. pasang injektor pada fuel delivery pipe dan pasang juga komponen lainnya
    16. ‘lalu anda bisa mencoba kendaraan anda untuk memastikan perbedaan tenaga mesin yang dihasilkan setelah injektor mobil dibersihkan.

Filter Udara Kotor

Komponen penyebab mobil ndut-ndutan saat injak gas yang keempat yaitu filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara untuk masuk ke dalam ruang bakar. Filter udara biasanya paling sering dibersihkan dengan udara bertekanan tinggi, hal ini karena filter udara memiliki banyak kisi untuk menyaring udara sebagai pencampur bahan bakar.

Busi Mati

Komponen terakhir penyebab mobil ndut-ndutan saat injak gas busi merupakan komponen paling penting pada mesin bensin. Hal ini dikarenakan busi bertugas sebagai pencipta bunga api atau pemantik dalam proses pembakaran campuran bensin dan udara. Jika ada salah satu atau dua busi mati maka mobil ndut-ndutan saat injak gas. Cara paling mudah mengecek busi yang mati adalah pertama nyalakan mesin lalu naikkan rpm. Kedua, cabut satu persatu kabel busi dengan menggunakan tang dan sarung tangan. Ketiga, saat pencabutan perhatikan rpm mobil. Jika busi normal rpm mesin akan berubah namun jika busi mati tidak akan ada perubahan signifikan pada rpm mesin.

Baca Juga : Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil

Jadi, memang mobil ndut-ndutan saat injak gas bisa terjadi karena suplai udara dari filter udara yang kotor, filter bensin yang mampet dan busi atau spark plug yang kurang bersih atau bahkan mati. Jika hal ini terjadi anda harus segera ke bengkel terpercaya seperti Dokter Mobil.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *