Mobil Ndut-ndutan di RPM Rendah?, Cek 5 Komponen ini

Apakah Belakangan ini mobil ndut-ndutan di rpm rendah, pada saat posisi lampu merah maupun pada saat macet di tengah kota atau tol. Biasanya ini terjadi pada pemilik mobil dengan keluaran tahun lama, Namun, jika mobil anda keluaran tahun yang tidak terlalu lama dan mengalami hal seperti ini, anda perlu cek beberapa komponen ini.

5 Komponen Penyebab Mobil Ndut-Ndutan di RPM Rendah

bengkel mobil

  • Cek Filter Bensin

Hal pertama yang perlu anda cek adalah filter bensin. Sekitar 70% mobil ndut-ndutan di RPM rendah bisa diakibatkan oleh filter bensin yang mampet. Filter bensin berfungsi untuk menyaring kotoran yang terbawa dari pompa bensin.

Filter bensin yang mampet tentu saja akan menyebabkan terganggunya aliran bensin sehingga suplai bahan bakar menjadi tersendat-sendat dan menghasilkan pembakaran yang tidak optimal. Jika, memang filter bensin menjadi penghambat mobil anda sehingga menjadi ndut-ndutan maka anda dapat memasukkan bensin dari arah masuk filter lalu dikocok dan dikeluarkan. Mungkin anda perlu melakukan beberapa kali sampai anda rasa filter tersebut benar-benar bersih.

filter bahan bakar

Oh, iya. Tidak disarankan menggunakan kompresor tekanan tinggi ya, karena biasanya filter bensin terbuat dari bahan kertas jika terkena angin dengan tekanan tinggi bisa saja kertas tersebut jebol atau robek.

  • Cek Pompa Bensin

Hal kedua yang perlu anda cek adalah pompa bensin. Bisa saja pompa bensin ini sudah disfungsi atau memang sudah lemah. Pompa bensin memiliki peran penting yaitu untuk mendistribusikan bensin dari tangki bagian bawah ke bagian pembakaran. Ada dua jenis pompa bensin lho, pertama pompa bensin mekanik.

Pompa bensin ini memiliki tiga langkah pengerjaan yaitu hisap, salur dan idle. Pompa ini tidak membutuhkan daya untuk bekerja, dikarenakan pompa ini bekerja bersama dengan putaran mesin untuk menyalurkan bensin dari tangki bensin, seperti sambil menyelam minum air kan. Pada pompa bensin mekanik biasanya memiliki masa pakai, jika sudah lewat masa pakai hal yang paling sering terjadi adalah bocor.

Sedangkan yang kedua, pompa bensin elektrik membutuhkan daya untuk menyalurkan bensin dari tangki bensin. Pompa bensin elektrik yang sudah lemah syahwat, tidak akan mampu menyuplai bensin dengan kapasitas penuh sehingga bisa membuat mobil ndut-ndutan di rpm rendah. Oleh sebab itu, jika ditemukan kerusakan segera ganti pompa bensin ya.

  • Cek Injektor 

Injektor memiliki fungsi sebagai penyemprot kabut bensin ke ruang bakar. Nah, jika injektor ini kotor maka bensin tidak bisa disalurkan dengan baik ke ruang bakar. Sehingga menghasilkan bensin yang tersendat-sendat dan mengakibatkan mobil ndut-ndutan di RPM rendah.

Oleh sebab itu, jika ini terjadi pada mobil anda, segeralah menyemprot bagian ini menggunakan carburator cleaner atau injector cleaner. Namun, jika mampetnya sudah parah dan sudah berkerak lebih baik segera bawa ke bengkel ya. Ini juga berlaku untuk mesin berkarburator juga ya.

  • Cek Filter Udara

Filter udara juga merupakan komponen penting untuk menyaring udara yang disedot dari selang vakum untuk dijadikan bahan pembakaran. Jika filter udara kotor maka udara yang masuk mampet. Bayangkan saja kotoran seperti debu mengendap berminggu-minggu di dalam filter udara.

filter udara mobil

Bagaimana ini tidak menyebabkan mobil ndut-ndutan di RPM rendah? Maka dari itu, anda bisa membersihkannya dengan menyemprotkan angin bertekanan tinggi berlawanan arah.

  • Cek Busi dan Kabel Busi

Pada mesin bensin busi juga merupakan komponen yang tidak bisa dilupakan. Busi berfungsi untuk menciptakan api pada ruang bakar. Sehingga bahan bakar, udara dan api dapat dibakar menjadi energi. Jika ada salah satu atau salah dua busi yang mati, maka mesin akan terasa pincang dan tentu saja mobil ndut-ndutan di RPM rendah juga lho.

Selain itu, kabel busi juga punya peran tak kalah penting. Kabel busi berfungsi untuk mengalirkan arus listrik ke busi untuk menghasilkan bunga api pada ruang bakar. Nah untuk mengecek apakah kabel busi ada yang mati atau tidak, anda dapat mencabut salah satunya atau anda juga bisa melakukannya menggunakan ohm meter.

Baca Juga : Mesin Mobil Bunyi Nging

Baik busi maupun kabel busi jika sudah mati sebaiknya diganti ya. Agar mesin tidak terasa pincang dan brebet yang mengakibatkan mesin mobil mendadak mogok dan bisa saja jadi sulit dihidupkan.

Memang mobil ndut-ndutan di RPM rendah seringkali terjadi dibagian atau area menuju pembakaran. Itu sebabnya anda perlu melakukan perawatan. Jika anda merupakan kaum rebahan yang literally setelah pulang kerja lebih memilih tidur dibandingkan ke bengkel. Ada baiknya anda menghubungi Dokter Mobil lho, Karena Dokter Mobil sudah memiliki teknisi yang profesional dan bersertifikat, transparansi soal harga dan yang terpenting untuk kaum rebahan seperti anda, teknisi bisa datang ke rumah itu sangat menyenangkan bukan. Makanya tunggu kapan lagi? Ayo! Hubungi sekarang juga!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *