3 Alasan Mobil Matic Tidak Bisa Distarter dan Solusinya

Apa yang akan anda lakukan jika anda tahu mobil matic tidak bisa distarter padahal anda buru-buru dan sedang dalam kondisi genting? Apakah anda termasuk orang yang akan memanggil teknisi atau anda langsung menelepon bos di kantor dan menjelaskan situasinya. Apapun itu, saya rasa anda perlu tahu informasi dasar ini. Setidaknya kalaupun mobil matic anda masuk bengkel, anda tahu apa yang terjadi.

3 Masalah Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin

Tangki Gas Mobil Matic Kosong

Anda termasuk orang yang sibuk dengan mobilitas tinggi. Suatu hari mobil matic tidak bisa distarter dan menyebabkan kegiatan anda terhambat. Anda kemudian panik lalu segera memanggil teknisi pribadi anda. Eitss.. jangan panik dulu, sebelum pikiran anda berlari ke hal-hal yang rumit, coba anda cek indikator bensin di dashboard. Mungkin saja tangki gas mobil anda yang kosong.

Wah, sepele memang dan sering terlupakan oleh sebagian besar orang akan tetapi mereka baru sadar jika mobil matic tidak bisa distarter. Nah solusinya tentu saja  ada baiknya anda melakukan morning routine sebelum berangkat ke kantor atau meeting dengan orang lain, seperti melakukan pengecekan manual pada mobil matic anda. Termasuk melakukan cek oli mesin, air radiator, air wiper, minyak rem , cek kondisi aki dan tentu saja jangan sampai luput cek ketersediaan bensin. Jika dirasa kurang anda perlu mengisinya. Waktu yang baik untuk mengisi bensin adalah pagi dan sore hari, serta pastikan ya anda tidak terlalu sering mengisi bensin ketika indikator bensin sudah berkedip. Hal ini dapat merusak fuel pump dan fuel filter lho.

Cek Kondisi Aki

Anda sudah melakukan pengecekan pada tangki bensin dan tidak ada masalah. Bensin juga masih penuh. Hal selanjutnya yang perlu anda curigai saat mobil matic tidak bisa distarter adalah ada masalah dengan kondisi aki. Kondisi aki normal dapat menghantarkan arus sebesar 12 Volt. Untuk mengeceknya anda membutuhkan multitester. Caranya adalah dengan menempelkan probe kabel merah dari multitester ke aki berlambang positif (+) dan menempelkan probe kabel hitam dari multitester ke aki berlambang negatif (-). Lalu anda dapat melihat tabel berikut ini,

Nilai Tegangan Aki (Volt) Kondisi Aki Mobil (%) Status Aki Mobil
12.60 V 100% Bagus
12.45 V 75% Sedang
12.30 V 50% Lemah
12.15 V 25% Jelek

Jika nilai tegangan 12.60 V maka kondisi aki masih bagus namun jika nilai tegangan dibawah 12 Volt maka dapat dipastikan tegangan melemah atau soak. Untuk menjadikan aki bisa optimal kembali anda bisa melakukan dua cara. Namun  anda harus memastikan apakah aki anda soak atau hanya kurang listrik saja. Beberapa tanda aki soak adalah saat anda menyalakan lampu kabin, lampu akan menyala remang-remang, lampu mobil tidak hidup serta klakson tidak lantang seperti biasanya.

Pada kondisi normal saat mobil dalam kondisi mati aki memiliki tegangan 12.6 Volt namun saat mesin berjalan muatannya harus berada pada rentang 13.7 – 14.7 Volt jika yang terhitung kurang dari itu maka dapat dinyatakan aki mobil anda soak.

Pada aki mobil basah yang mengalami kurang setrum anda dapat mengisi ulang dengan mengisi air distilasi dengan label berwarna biru sedangkan pada aki mobil kering caranya sedikit ribet. anda membutuhkan air zuur untuk mengisi aki baru bukan air aki isi ulang, obeng minus (-), kain lap kering, sealant atau lem tembak dan suntikan tinta printer untuk memasukkan air zuur ke dalam box aki kering. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. lepas kutub positif terlebih dahulu lalu kutub negatif, lalu lepaskan dari mounting aki mobil.
  2. Setelah aki kering terlepas dari mounting, bersihkan bagian luar aki dengan mengusap bagian yang kotor dengan lap kering yang sudah disiapkan sebelumnya
  3. bongkar cover penutup aki menggunakan obeng , hati-hati saat membuka karena cover ini akan sedikit kencang dan sukar untuk dibuka. Karena itu anda membutuhkan kesabaran tinggi apalagi mengetahui kalau spareparts aki kering tidak dijual dimanapun. intinya anda perlu ekstra sabar saja.
  4. Isi air aki atau zuur dengan cara membuka lubang karet pada aki. Biasanya akan tersedia 3 – 10 lubang karet sesuai dengan kapasitas ampere. Masukkan zuur ke dalam tiap lubang dengan suntikan yang sudah disiapkan tadi dengan kedalaman 1cm di bawah lubang aki.  Jika sudah tutup kembali lubang karetnya.
  5. Jika anda sudah yakin terisi semua, saatnya anda melakukan pengeleman menggunakan lem tembak atau sealant yang lain.
  6. Kemudian isi daya listrik aki (setrum aki) dengan di charger atau disetrum dengan trafo khusus aki atau menggunakan jumper aki. Jika anda memilih untuk menggunakan jumper aki maka anda perlu melakukan jumper aki dengan menggunakan aki sehat selama 30 menit sampai 1 jam.
  7. Terakhir lakukan pengecekan dengan multitester. Jika ada tegangan 12 Volt maka pengisian berhasil anda cukup menunggu 15-30 menit saat menyalakan mesin mobil dan biarkan aki dalam kondisi idle . Hal ini dimaksudkan agar tegangan baru dapat menyesuaikan dengan kondisi kendaraan.

Namun, jika setelah anda cek tidak terdapat tegangan maka anda harus mengganti dengan aki kering yang baru (membeli aki baru). Ingat aki jangan sampai kalian abaikan karena bisa membuat mobil matic tidak bisa distarter.

Dinamo Starter Rusak

Hal selanjutnya yang perlu anda curigai saat mobil matic tidak bisa distarter adalah ada kemungkinan dinamo starter mobil anda rusak. Anda harus tahu dinamo starter adalah komponen mesin yang bertugas memutar mesin pertama kali. Dinamo starter akan merubah energi listrik menjadi energi gerak untuk memutar crankshaft mesin melalui fly wheel agar mesin dapat menyala. Jika dinamo starter rusak maka tidak ada penggerak mesin untuk hidup.

Ada beberapa penyebab dinamo starter rusak salah duanya adalah anda terlalu memaksa kerja dinamo. Dengan memaksa kerja dinamo maka dinamo akan menjadi panas, kondisi dinamo panas memiliki kemungkinan besar untuk membakar komponen lain pada mesin. Penyebab lainnya adalah carbon brush habis. Tanda paling sering terdengar jika carbon brush habis adalah muncul suara aneh saat distarter.

Baca Juga : Harga Oli Mobil Avanza

Solusinya adalah dengan melakukan jumper aki. Pada dasarnya dinamo akan bergerak jika terdapat arus listrik. Tahapan yang benar adalah sebagai berikut :

  1. pastikan posisi tuas berada pada posisi Park atau P dan tarik rem tangan
  2. matikan semua komponen kelistrikan seperti AC dan lampu, jika bisa cabut juga kunci mobil
  3. lepas benda yang tercolok pada cigarette lighter
  4. cari posisi aki pastikan anda mengetahui yang mana positif (+) dan negatif (-)
  5. siapkan kabel jumper dan mobil yang sudah menyala
  6. dekatkan mobil sehat dengan mobil mogok
  7. hubungkan kedua kutub positif dan negatif. Untuk kutub positif ditandai dengan kabel jumper warna merah sedangkan kutub negatif ditandai dengan kabel jumper warna hitam dan pastikan capitan tiap kutub kencang
  8. hidupkan mesin mobil yang mogok secara perlahan dan tidak buru-buru, lalu tunggu 5 menit sebelum jumper dicabut agar kondisi mesin normal kembali

Mobil matic tidak bisa distarter memang merepotkan namun dengan mengetahui informasi ini diharapkan anda lebih bisa menjaga dan merawat komponen yang cukup penting ini seperti aki dan dinamo starter. Selalu cek kondisi mobil sebelum anda bepergian jauh. Selain itu, selalu sensitif terhadap kondisi mobil anda. Terutama jika anda memiliki mobilitas yang tinggi dan sangat sibuk. Setidaknya bawa mobil anda ke bengkel begitu anda merasakan ada sesuatu yang janggal terhadap mobil matic anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *