Knalpot Mobil Keluar Asap Putih dan Air, Ini 4 Alasannya

Knalpot Mobil Keluar Asap Putih dan Air memang sering membuat kita bertanya-tanya, apa yang terjadi ya, kira-kira penyebabnya apa ya. Memang hal seperti ini jarang ditemui, lebih sering malah seperti oli rembes ke mesin atau kebocoran lainnya. Namun jangan disepelekan ya.

Knalpot Mobil Keluar Asap Putih dan Air Anda pun Harus Tahu Alasannya

mobil matic nyentak

  • Air Pendingin Bocor ke Ruang Bakar atau Exhaust System

Air pendingin yang bocor dan masuk ke ruang bakar akan ikut terbakar saat proses pembakaran. Sehingga menyebabkan hasil gas buang berwarna putih susu, begitupun jika air masuk ke dalam exhaust system, panas gas buang akan membuat air pendingin menguap sehingga lagi-lagi hasil gas buang berwarna putih susu. Biasanya kebocoran air pendingin disebabkan karena adanya retakan pada silinder mesin. Jika ini terjadi pada mobil diesel anda maka dapat dipastikan keretakan atau kebocoran terjadi pada saluran pendingin turbocharger.

Tanda yang lain adalah indikator suhu naik hal ini bisa disebabkan karena volume air pendingin semakin berkurang sehingga mesin akan semakin panas. Anda perlu waspada jika kebocoran sudah menghasilkan banyak kepulan asap. Hal ini bisa jadi karena adanya overheat pada radiator. Anda harus segera cek agar tidak merembet kemana-mana terutama ke bagian mesin.

  • Oli Bocor ke Ruang Bakar

Knalpot mobil keluar asap putih dan air bisa disebabkan adanya oli yang rembes dan masuk ke dalam ruang bakar. Oli akan ikut terbakar atau ke saluran exhaust sehingga bisa menghasilkan asap putih. Masalah ini cukup berbahaya karena jika oli terus bocor dan merembet masuk ke dalam ruang bakar maka oli mesin cepat habis, jika oli habis maka dapat mengalami clocking atau macet sehingga mesin harus overhaul atau turun mesin.

Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, bisa karena silinder mesin yang aus, gasket bocor, klep bocor, atau lebih parahnya ada retakan pada linner atau dinding silinder. Gejala yang paling sering terasa adalah gas ngempos atau tidak bertenaga dan mesin susah hidup terutama pada pagi hari.

  • Adanya Pengembunan Gas Buang

Salah satu ciri pembakaran yang sempurna adalah menghasilkan karbon dioksida dan air. Jika knalpot mobil mengeluarkan air berwarna bening tanpa asap tandanya mesin mobil dalam keadaan baik namun jika knalpot mobil keluar asap putih dan air bisa saja ada kebocoran air pendingin atau kebocoran oli di saluran exhaust. Oleh sebab itu harus dicari tahu penyebabnya sebelum knalpot mobil keluar asap putih dan air berakibat fatal terhadap mobil Anda.

  • Ada Sisa Air pada Knalpot

Knalpot mobil keluar asap putih dan air bisa disebabkan oleh air yang terjebak di dalam knalpot  bisa menguap karena oleh panas gas buang dan hasil penguapan air berupa asap berwarna putih. Namun kondisi ini biasanya hanya berlangsung sebentar. Karena gas buang kondisinya panas maka lama-kelamaan air ini akan menguap dan hilang. Meski begitu jika terlalu lama air terendam misalnya saat melewati banjir dan tidak dikeringkan justru akan membuat knalpot lebih cepat keropos. Itu sebabnya jika anda sudah berhasil melewati banjir alangkah baiknya anda menginjak gas dalam-dalam.

Baca Juga : Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes

Fungsinya selain supaya mengeluarkan air yang masuk ke saluran exhaust, juga berfungsi untuk membuang sisa air yang ada pada mulut knalpot dan membuat air menguap sehingga knalpot tidak keropos. Hal ini juga bisa anda terapkan jika melewati genangan air laut di jalanan. Hanya saja pada genangan air payau, yaitu percampuran antara air laut dan air tawar anda harus melakukan perawatan ekstra yaitu mengaplikasikan anti karat pada bibir knalpot dan bagian bawah saluran knalpot. Hal ini tentu saja untuk mencegah karat dan sering – seringlah mencuci bagian bawah mobil jika anda sering melewati genangan air payau.

Knalpot mobil keluar asap putih dan air memang tidak berbahaya, tidak seperti oli yang masuk ke dalam ruang bakar. Namun, ada baiknya anda memastikan dulu jika memang bukan oli yang masuk ke ruang bakar atau akibat overheating atau kebocoran air coolant. Semoga artikel ini dapat membantu anda ya. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *