Yuk! Intip Harga Service AC Mobil di Bengkel Terpercaya

Harga service ac mobil memang tidak sedikit dan tidak banyak untuk pengeluaran. Semuanya kembali lagi pada seberapa parah kerusakannya. Semakin parah akan semakin mahal. Nah, itu sebabnya anda harus menjaga sekali komponen AC ini dalam kondisi prima. Selain itu, mengetahui harga service ac mobil juga tak kalah pentingnya lho. Maka dari itu, jangan hanya untuk ac saja ya. Persiapkan budget untuk memperbaiki mobil juga dan jadikan itu sebagai fix cost agar anda tidak tekor ketika saatnya perbaikan tiba.

Perhatikan Hal ini Sebelum Service AC Mobil

4 Cara Mengatasi Asap Putih pada Mesin Diesel Common Rail

Sebelum kita intip harga service ac mobil di bengkel terpercaya. Ada baiknya kita perlu tahu kira-kira apa saja ya komponen yang dapat membuat ac mobil rusak atau tidak bekerja. Makanya, simak liputan berikut ini ya.

  • Kompresor Rusak

Komponen ini sangat penting hal ini dikarenakan kompresor mobil menyedot freon pada tekanan rendah kemudian akan mengubah freon menjadi tekanan tinggi. Freon yang sudah dikompres akan didistribusikan ke dalam sistem AC melalui kondensor. Dimana freon mengalami proses kondensasi dari gas menjadi cairan bertekanan tinggi. Kemudian cairan ini mengalir ke filter yang disebut receiving dryer, agar kotoran yang terdapat pada freon dapat disaring. Lalu dari filter tadi, freon menuju expansion valve dimana pada kondisi ini suhu freon diturunkan, sehingga menjadi dingin. Freon ini kemudian ke evaporator lalu dibantu bloweer agar suhu dingin dihembuskan ke dalam kabin mobil melewati kisi-kisi AC. Lalu, proses tidak berhenti sampai disitu saja. Freon dingin dari evaporator tadi akan dihisap oleh kompresor untuk diubah menjadi tekanan tinggi dan suhu panas.

Nah, kompresor yang rusak ini bisa terdiri dari berbagai faktor dan sebab. Seperti kompresor AC yang bunyi atau ngorok. Hal ini bisa disebabkan karena oli kompresor kurang. Bisa saja terjadi karena ada kebocoran atau jumlah freonnya yang kurang, bearing pull kendor, aus pada piston kompresor dan silinder piston kompresor.

Solusinya anda perlu ke bengkel terdekat, lalu minta diisi freon jika setelah diisi tidak ada suara lagi maka dapat dipastikan memang freonnya kurang. Namun, jika suara masih ada, anda perlu menambah oli kompresor. Ingat baik-baik karena kerusakannya bisa bermacam-macam maka harga service ac mobil Anda bisa bertambah.

Lalu ada yang lain lagi, selain kompresor ngorok. Bisa saja kompresi kompresor AC mulai lemah. Hal ini bisa diketahui dari awal dinyalakan, karena hembusan udara dari AC akan berpengaruh pada kecepatan mobil. Jika mobil melaju kencang pada rpm 2000 ke atas AC mobil akan sejuk, namun jika mobil dalam kondisi macet, AC mobil akan terasa kurang dingin. Hal ini bisa terjadi karena dinding piston aus atau silinder kompresor berkurang atau bisa juga karena klep pada piston terputus.

Untuk itu, solusinya anda perlu segera ke bengkel terpercaya agar bisa diatasi segera kendalanya. Adapun selain kedua masalah diatas yaitu adanya bocor pada kompresor itu sendiri. Ciri-ciri kompresor bocor adalah body kompresor terlihat basah oleh oli dan terlihat berdebu.

  • Magnetic Clutch Rusak

Sebelum mengetahui harga service ac mobil. Komponen ini juga tak kalah penting dengan kompresor. Magnetic clutch sendiri memiliki fungsi sebagai saklar pemutus – penyambung otomatis putaran antara pulley AC dengan as kompresor AC.

Cara kerjanya seperti ini, bagian pulley berputar secara terus menerus karena putaran dari V belt. Saat AC mobil dalam kondisi on spull akan terjadi aliran listrik sehingga membuat bagian ini memiliki medan magnet. Kemudian spull yang menjadi magnet ini akan menarik bagian clutch plate sehingga antara clutch coil dan clutch plate akan menjepit pulley AC. Sehingga putaran pulley akan diteruskan menuju ke poros kompresor sehingga kompresor dapat bekerja.

Nah, jika magnetic clutch rusak maka gulungan spull akan putus sehingga tidak terjadi medan magnet. Tidak ada magnet berarti tidak ada proses putaran sehingga AC tidak akan dingin karena tidak ada yang melanjutkan putaran pulley.

  • Freon Bocor

Biasanya ini terjadi pada mobil-mobil yang sudah cukup uzur namun masih difungsikan, seperti mobil taksi atau mobil angkutan lain seperti bus travel. Kebocoran freon dapat terjadi saat karet yang ada pada jalur freon menjadi getas karena sudah tua. Kerusakan ini lebih sering terjadi ketika mobil sering mengalami kemacetan. Namun, bisa juga penyebab lain freon bocor karena adanya korosi pada evaporator atau kondensor.

Biasanya korosi ini dapat diketahui dengan kerak berwarna putih. Selain itu, filter yang disebut filter dryer dan expansion valve juga bisa mampet, nah kalau sudah mampet begini biasanya akan menimbulkan kebocoran pada pipa AC. Freon ini memiliki harga service ac mobil yang berbeda tergantung kerusakan.

Baca Juga : Mobil tidak bisa distarter saat mesin panas

Nah setelah kita mengetahui komponen yang dapat menyebabkan AC mobil rusak. Sekarang saatnya anda mengetahui kira-kira berapa ya harga service ac mobil di pasaran. Ayo simak baik-baik.

Estimasi Harga Service AC Mobil

biaya ganti oli mobil

Secara umum ada dua jenis yaitu basic service dan advanced service. Basic service adalah servis perawatan yang dilakukan setelah mobil menempuh perjalanan 10.000 sampai 20.000 kilometer atau setelah satu tahun pemakaian. Biasanya basic service hanya melakukan check up rutin, pemeriksaan dan perawatan kompresor, ganti oli kompresor, membersihkan kompresor AC dari kotoran, mengganti filter dryer dan filter kabin.

Berbeda dengan basic service, advanced service biasanya dilakukan ketika mobil beranjak ke tiga tahun pemakaian. Tentunya item yang di service lebih banyak seperti, perawatan kompresor, evaporator dan kondensor. Mengganti expansion valve, filter dryer dan filter kabin. Biasanya servis yang satu ini akan memakan waktu lebih lama +- 4 Jam (tergantung seberapa berat kerusakannya).

Untuk harga service ac mobil sendiri, jika mobil itu produksi Jepang seperti Avanza, Agya dan Ayla. Rata-rata perawatan mobil AC sekitar +- Rp. 300.000,- sedangkan untuk mobil kelas Eropa seperti Mercedez Benz dan BMW akan merogoh kocek lebih dalam +- Rp. 2.000.000,-. Lebih jelasnya anda dapat melihat tabel berikut ini.

Jenis Kerusakan Harga Service AC Mobil
Tambal kebocoran Rp. 100.000 – Rp. 400.000
Isi Freon Rp. 150.000 – Rp. 350.000
Cek Kerusakan pada AC dengan bau tak sedap Rp. 100.000 – Rp. 200.000
Membersihkan bau asam pada kabin dan AC Rp. 100.000 – Rp. 150.000
Cek komponen ac yang mati Rp. 100.000 – Rp. 200.000
pergantian/perbaikan komponen AC (harga bergantung pada harga spareparts) Rp. 300.000 – Rp. 2.000.000
Perawatan Kondensor AC Rp. 100.000 – Rp. 200.000
Ganti Magnetic Clutch Rp. 350.000 – Rp. 550.000
Ganti Komponen dan printilan kecil Rp. 250.000 – Rp. 800.000
Flushing Kompresor Rp. 700.000 – Rp. 900.000
Kuras Kondensor Rp. 200.000 – Rp. 300.000
Ganti Kondensor Rp. 500.000 – Rp. 700.000
Ganti Filter Dryer Rp. 90.000 – Rp. 100.000
Ganti Expansion Valve Rp. 200.000 – Rp. 400.000
Ganti Evaporator Rp. 800.000 – Rp. 900.000

*) NB : Harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu

Jadi kesimpulannya memang harga service ac mobil tidak selalu murah lalu bagus. Sebaiknya anda cari bengkel yang benar-benar terpercaya. Bengkel yang memiliki review bagus di google review, bengkel fisik besar dan dapat menampung banyak customer, teknisi handal dan transparansi data kepada calon pembeli. Contohnya Dokter Mobil.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *