Catat! Daftar Harga Oli Mobil Avanza untuk Semua Varian

Anda harus tahu update harga oli mobil avanza untuk semua varian. Update berita ini harus disampaikan terutama untuk pengguna avanza. Karena Avanza merupakan kendaraan sejuta umat dan spareparts yang tersedia cukup banyak dan terjangkau, membuat Avanza menjadi mobil pilihan setiap keluarga. Nah, untuk itu anda perlu tahu nih, berapa sih kira-kira harga oli mobil avanza untuk semua varian.  Karena harga oli mobil itu rate nya akan naik setiap tahun sehingga anda perlu tahu perkembangannya.

Sejatinya ada dua jenis harga oli mobil avanza dalam penggantian berkala di bengkel servis resmi Avanza. Yaitu berdasarkan kilometer dan berdasarkan bulan. Namun sebelum sampai kesana ada baiknya anda tahu beberapa komponen yang perlu diganti untuk mobil sejuta umat satu ini. Beberapa diantaranya seperti di bawah ini.

  1. Oli Mesin dan Filter Oli

Sebelum tahu harga oli mobil avanza, Sebaiknya Anda mengetahui oli mesin dan filter oli. Merupakan salah satu komponen penting dalam hidup mesin mobil Avanza. Oli memiliki peran penting sebagai pelumas mesin agar proses pembakaran berlangsung optimal. Kinerja oli tidak boleh dibiarkan sampai menurun karena jika oli tidak memiliki kemampuan untuk menahan panas dari blok-blok mesin bisa saja mesin mobil menjadi overheat dan akhirnya mati.

Filter oli juga merupakan komponen yang tak kalah penting, bahkan sama pentingnya dengan oli itu sendiri. Filter oli sendiri harus dijaga kebersihannya agar dapat melakukan proses penyaringan dengan maksimal. Tentunya jika filter oli kotor dan terdapat banyak penyumbatan di dalamnya maka oli yang tersaring tidak lagi bersih, menyebabkan kerak dapat menempel pada blok-blok mesin.

Kejadian fatalnya adalah oli masuk ke dalam blok mesin, terbakar dan masuk ke saluran pembuangan. Jika sudah begini hal yang harus dilakukan adalah turun mesin, dimana biayanya sendiri cukup merogoh kocek dalam sekitar 10 sampai 15 juta. Tergantung seberapa berat selongsong blok mesin rusak akibat overheat.

  1. Aki

Komponen kedua yang perlu diperhatikan sebelum tahu harga oli mobil avanza adalah Aki. Aki menjadi sumber penting dalam komponen kelistrikan. Pada dasarnya ada dua jenis aki, yaitu kering dan basah. Aki kering sering menjadi pilihan bagi orang-orang sibuk yang mobilitasnya tinggi tapi jarang melakukan maintenance mobil. Hal ini karena aki kering perawatannya tidak ribet dan tidak perlu dilakukan pengisian air aki, namun harga aki kering relatif mahal sehingga bukan menjadi solusi bagi rayat menengah kebawah.

Sedangkan aki basah, harganya lebih terjangkau dan membutuhkan maintenance besar. Anda perlu menjaga kadar setrum aki di kondisi prima, membersihkan kepala aki dari garam yang akan bertindak sebagai desolator dan membuat setrum aki selalu kurang, mengisi air aki serta memperhatikan tanda yang berupa cairan biru pada aki basah. Pada aki kering juga ada tanda ini namun bedanya, jika aki kering yang sudah habis masa pakainya, harus diganti dengan yang baru. Anda tidak akan bisa melakukan kuras aki pada aki kering.

  1. Filter Udara

Selain ganti oli dan mengetahui harga oli mobil avanza sekarang akan membahas mengenai filter udara. Filter udara merupakan komponen yang penting dibersihkan juga. Karena hal ini akan mempengaruhi seberapa optimal atau borosnya bahan bakar yang akan anda gunakan. Anda tidak dapat menyepelekan filter udara ya, karena filter udara ini berfungsi untuk menyaring udara yang disedot oleh vakum untuk kemudian dimasukkan ke dalam ruang bakar.

Jika filter udara ini kotor, maka udara yang tersaring tidak sepenuhnya bersih. Ketika udara kotor masuk ke dalam injeksi dan memulai proses pembakaran. Udara kotor akan ikut masuk ke internal, menghasilkan kerak yang dapat merusak bagian internal mesin. Memang membutuhkan waktu cukup lama untuk kerak menumpuk dan menjadi deposit karbon.

Namun, jika dibiarkan terlalu lama, hal yang paling fatal adalah efisiensi bahan bakar yang sering dihitung oleh ECU tidak dapat dilakukan dengan optimal karena jumlah udara yang masuk di waktu yang sebenarnya dengan ekspektasi perhitungan ECU tidak tepat. Sehingga jumlah kabut yang dikeluarkan untuk pembakaran optimal tidak sesuai sehingga menyebabkan bahan bakar mobil menjadi boros. Oleh karena itu, jika anda merasa mobil sering boros bbm jangan mengambil asumsi dari komponen lain, seperti angin ban mobil berkurang. Karena bisa saja hal itu berasal dari filter udara.

  1. Busi

Komponen penting dalam sistem bahan bakar. Jika busi anda mati, mobil akan mati mendadak dan tidak akan menyala lagi. Hal ini dikarenakan, busi memiliki fungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil kemudian menjadi percikan api yang akan membakar kabut bahan bakar yang dikeluarkan di ruang bakar. Menjaga kesehatan busi sangat penting.

Untuk merawat busi tidak sulit. Lihat kondisi busi, jika sudah menghitam dan dipenuhi arang sisa pembakaran anda perlu membersihkannya namun jika sudah mencapai 4000 km sebaiknya diganti dengan yang baru.

  1. Kanvas Kopling dan Rem

Kanvas kopling memiliki fungsi mengirimkan tenaga dari mesin ke ban. Biasanya kanvas kopling lebih mudah menipis saat berada di jalanan rusak atau kondisi macet. Pada umumnya, jika anda terlalu banyak menekan kopling setengah bagian seperti yang supir angkutan lakukan pada mobil bertransmisi manual agar mobil tidak mudah turun saat menanjak akan tercium bau gosong.

Bau gosong yang tercium berasal dari kanvas kopling yang terbakar. Jika ini tercium dan terjadi pada mobil anda segera bawa ke bengkel ya. Biasanya penggantian akan dilakukan sekitar 40 ribu sampai 50ribu kilometer. Namun, tergantung kondisi ya dan seberapa sering mesin digunakan. Bisa saja penggantian dilakukan pada 10 ribu km pertama.

Kanvas Rem juga tak kalah penting dan memiliki fungsi paling krusial. Dimana pengereman yang dilakukan untuk mengurangi daya laju mobil juga dibantu oleh kanvas rem. Kanvas rem juga akan mengalami penipisan seiring penggunaan.

Baca Juga : Oli Avanza Berapa Liter

Biasanya kanvas rem yang mengalami penipisan jika anda menekannya akan berdecit, injakan lebih dalam dari biasanya dan jumlah batas minyak rem yang cepat habis. Ini merupakan ciri atau tanda bahwa kanvas rem anda perlu diganti. Pada umumnya penggantian kanvas rem dilakukan setiap kelipatan 20 ribu km. Namun, jika rem anda bermasalah segera bawa ke bengkel ya, jangan ditunda.

Harga Oli Mobil Avanza

oli avanza berapa liter

Mobil Avanza tahun keluaran baru seperti 2019 – 2017 dan teknologi terbaru dapat menggunakan oli dengan SAE 5W-30. Untuk mobil Avanza yang masa pakainya sudah melewati tiga tahun dapat menaikkan indeks SAE nya menjadi 10W-40. Sedangkan Untuk Avanza keluaran 2017 kebawah dapat menggunakan oli dengan SAE 10W-40. Berikut ini daftar harga oli mobil Avanza per September 2020.

Jenis Oli Harga Oli Mobil Avanza
Oli Ravenol VMO 5W-30 Rp. 240.000,-
Oli Ravenol EHS 5W-40 Rp. 235.000,-
Oli Ravenol VMO 5W-40 Rp. 237.000,-
Oli Ravenol TSI 10W-40 Rp. 150.000,-
Oli 9Circle 5W-30 4 L Rp. 1.022.670
Oli 9Circle 5W-40 4L Rp. 1.022.670
Oli 9Cirlce 10W-40 4L Rp. 749.958

Nah, itu tadi daftar harga oli mobil Avanza yang sesuai untuk mesin Avanza baik 1300CC maupun 1500cc. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk anda. Serta dengan begini anda menjadi tahu update harga oli mobil Avanza.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *