Update Harga Ganti Oli Mobil Terbaru & Terlengkap

Oli merupakan komponen penting dalam kehidupan permobilan, tentu saja untuk ganti oli anda perlu tahu harga ganti oli mobil terbaru. Oleh sebab itu, berikut ini adalah list harga ganti oli mobil terbaru untuk tahun 2020. Namun sebelum mencapai kesana anda harus tahu beberapa hal berikut ini. .

Efek Terlambat Ganti Oli Mobil

Apakah anda tahu oli merupakan komponen paling penting selain sistem kelistrikan dalam kenyamanan sebuah mobil. Oleh sebab itu mengganti oli secara berkala sesuai dengan ketetapan pada buku manual adalah sebuah kewajiban. Karena oli merupakan cairan yang bertugas untuk mengurangi gesekan antar komponen besi satu dengan yang lain serta mengurangi panas berlebih (overheat) pada mesin.

Jangka penggantian oli setiap mobil berbeda dan dapat anda lihat pada buku manual yang sudah diberikan saat anda membeli mobil. Namun sesungguhnya penggantian oli mobil selain mengikuti aturan dari bengkel resmi ada satu hal yang harus anda ketahui yaitu ganti oli mobil harus disesuaikan dengan seberapa keras mesin mobil bekerja dan seberapa sering mobil digunakan serta pola berkendara juga berpengaruh. Nah, maka dari itu anda perlu sekali untuk memperhatikan kondisi oli dengan mengecek dip stick yang ada pada ruang mesin mobil anda dan ganti oli secara berkala karena jika tidak ada beberapa efek yang terjadi jika anda terlambat atau malas ganti oli mobil.

  • Mesin akan cepat panas (overheat)

mesin overheat

Mesin akan cepat panas atau overheat dikarenakan secara alami oli akan mengalami penguapan saat suhu tinggi. Pada suhu ekstrem, energi yang mengikat molekul hidrokarbon oli tidak dapat menahan diri akibat efek panas dari luar sehingga oli akan menguap. Sehingga mobil akan menjadi cepat panas atau overheat dikarenakan jumlah atau kadar dalam oli yang seharusnya untuk mendinginkan mesin jadi berkurang.

  • Tarikan Mesin Kurang Responsif

Karena oli yang dibutuhkan oleh mesin kurang, maka tarikan mesin akan lebih kurang responsif dari biasanya. Hal ini disebabkan karena penguapan oli akibat suhu ekstrem mesin, membuat uap oli yang menempel menjadi tertimbun dan menyebabkan kerak yang mengendap dan membuat ruang bakar kotor.

  • Mesin Mobil Kasar

mobil matic nyentak

Jika anda malas atau terlambat mengganti oli juga berakibat pada suara mesin mobil yang cenderung kasar. Hal ini dikarenakan oli yang seharusnya bekerja untuk melumasi mesin, kurang bekerja dengan optimal. Gesekan antar komponen juga dapat terjadi dan akan semakin kuat sehingga kinerja mesin akan lebih berat. Sehingga selain membuat tarikan menjadi brebet atau kurang responsif, akan membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak dan lebih boros.

  • Mobil Bisa Terbakar di Jalan

Dengan berkurangnya jumlah oli yang ada pada mesin ditambah dengan suhu ekstrem dimana oli tidak dapat mengatur molekul hidrokarbonnya kembali pada posisi semula. Maka dapat dipastikan jumlah oli yang sedikit akan membuat oli tersebut semakin lama, semakin mengental dan merusak komponen mesin mobil. Hal ini karena oli yang tadinya bertugas untuk melumas mesin, tidak dapat melakukan pekerjaannya dengan baik. Sehingga oli menjadi kotor dan bisa membuat mobil terbakar, karena efek overheat yang terlalu lama tidak dikendalikan.

Baca Juga : Ganti Oli Mobil Terdekat

Nah itu tadi beberapa efek yang dapat ditimbulkan karena anda malas atau terlambat mengganti oli mesin. Oleh sebab itu, anda lebih baik mengganti oli mobil secara berkala. Adapun beberapa tips untuk mencari oli mesin yang sesuai kebutuhan anda. Diantaranya,

  • Sesuaikan jenis oli dengan apa yang tertera pada buku manual atau standar pabrik resmi. Tak dapat dipungkiri keberadaan buku manual mobil sangat penting. Hal ini berisi hal-hal informatif sekitar kendaraan anda. Terutama informasi mengenai jenis oli yang sesuai dengan kendaraan anda. Hal ini dirasa wajib, karena jenis oli yang sudah ditentukan oleh pabrikan adalah oli standar yang sesuai dengan mesin kendaraan. Baiknya anda jadikan patokan. Mengenai merk yang tersedia, anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu pada ATPM terkait.
  • Perhatikan kekentalan cairan oli yang tertera pada oli yang anda beli. Biasanya pihak ATPM sendiri sudah memberikan kekentalan yang menjadi standar kendaraan anda. Pastikan jika anda ingin menggantinya, jaraknya tidak jauh dengan oli standarnya. Kekentalan oli memiliki satuan yaitu SAE. Intinya semakin tinggi SAE nya oli akan semakin kental begitupun sebaliknya, semakin rendah SAE nya maka oli akan semakin encer. Oli yang SAE nya sering digunakan dalam negara tropis seperti indonesia adalah SAE 5W sampai 15W. Sementara 20W sampai 30W digunakan untuk mesin bertenaga diesel dan mesin tua.
  • Kenali jenis-jenis oli, cari sesuai yang anda butuhkan. Pada dasarnya ada tiga jenis oli, yaitu mineral, semi sintetik dan full sintetik. Oli mineral adalah oli yang berasal dari minyak bumi, sedangkan oli semi sintetik adalah oli percampuran antara mineral dan oli buatan. Full sintetik adalah oli yang 100% buatan, biasanya oli ini sering digunakan dalam perlombaan balap internasional.

Setelah anda mengetahui jenis dan kekentalan oli, maka anda perlu tahu harga ganti oli mobil terbaru untuk tahun 2020. Berikut ini daftar lengkapnya.

Daftar Lengkap Harga Ganti Oli Mobil Terbaru

Harga Ganti Oli Mobil Avanza
Kapasitas Liter 3,5 – 4 liter
Harga Oli per liter Rp. 90.000,-
Harga Ganti Oli Mobil di Bengkel Resmi
Jasa ganti Oli Rp.40.000,-
Harga Oli (4 L) Rp.360.000,-
Filter Oli Orisinal Rp.27.000,-
Gasket Oli Rp.9.000,-
Total Rp.436.000,-
Ganti Oli Sendiri
Harga Oli (4 L) Rp.360.000,-
Filter Oli Orisinal Rp.27.000,-
Gasket Oli Rp.9.000,-
Total Rp.396.000,-
Harga Ganti Oli Mobil LCGC 1.000 CC 
Kapasitas Liter 3 – 3.5 liter
Harga Oli per liter Rp. 97.000,-
Harga Ganti Oli Mobil di Bengkel Resmi
Jasa ganti Oli Rp.50.000,-
Harga Oli (4 L) Rp.388.000,-
Filter Oli Orisinal Rp.27.000,-
Gasket Oli Rp.6.000,-
Total Rp.471.000,-
Ganti Oli Sendiri
Harga Oli (4 L) Rp.388.000,-
Filter Oli Orisinal Rp.27.000,-
Gasket Oli Rp.6.000,-
Total Rp.421.000,-
Harga Ganti Oli Mobil LCGC 1.000 CC 
Kapasitas Liter 3 – 3.5 liter
Harga Oli per liter Rp. 120.000,-
Harga Ganti Oli Mobil di Bengkel Resmi
Jasa ganti Oli Rp.50.000,-
Harga Oli (4 L) Rp.480.000,-
Filter Oli Orisinal Rp.27.000,-
Gasket Oli Rp.6.000,-
Total Rp.563.000,-
Ganti Oli Sendiri
Harga Oli (4 L) Rp.480.000,-
Filter Oli Orisinal Rp.27.000,-
Gasket Oli Rp.6.000,-
Total Rp.513.000,-

Nah, jadi memang harga ganti oli mobil di bengkel resmi memang terkesan lebih mahal. Namun, di bengkel resmi anda akan mendapatkan servis gratis seperti isi air wiper, kaca yang dibersihkan, bahkan sampai cuci mobil. Dimana servis ini tidak akan anda dapatkan jika anda ganti oli sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *