Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Manual serta Matic Terbaru

Agar tidak kelebihan dan kekurangan oli anda wajib tahu nih daftar kapasitas oli mesin mobil, supaya saat ganti oli tidak kerepotan. Terutama bagi anda yang memilih untuk mengganti oli sendiri di rumah, apalagi di masa pandemi seperti ini. Tentunya informasi daftar kapasitas oli mesin mobil ini cukup krusial ya. Namun sebelum sampai kesana anda perlu tahu dulu nih beberapa liputan menarik seputar oli mesin mobil.

Mengapa harus ganti oli?

mobil matic nyentak

Sebelum mengetahui daftar kapasitas oli mesin mobil. Pasti dibenak anda selalu bertanya-tanya mengapa mobil setiap 10 ribu, 20 ribu harus ganti oli. Oli merupakan komponen penting untuk pelumasan mesin mobil anda, ini menjadi penting karena dengan begitu kendaraan anda tetap awet dan bisa bekerja optimal. Oli mesin membantu proses pelumasan untuk mengurangi gesekan yang terjadi antar komponen mesin.

Jika anda terlambat atau malas mengganti oli maka komponen mesin bisa menjadi aus, tenaga mesin menjadi kurang bertenaga atau sering disebut ngempos. Selain sebagai pelumas, oli juga berfungsi sebagai pendingin dari panas berlebihan yang diakibatkan dari proses pembakaran di dalam silinder mesin.

Mengapa oli harus diganti berkala, hal ini karena oli yang terkena panas terus menerus akan menguap dan terjadi pengurangan volume. Pengurangan volume dalam jumlah besar akan berakibat fatal pada mesin sehingga menghasilkan panas berlebih yang tidak sanggup ditampung oleh oli atau sering disebut overheating.

Jika anda jarang mengganti oli sedangkan sering menggunakan mesin. Maka oli akan membuat mesin cepat rusak, karena sistem pelumasan tidak akan maksimal. Jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan komponen di dalam mesin rusak dan anda harus melakukan servis besar-besaran atau bahkan fatalnya anda harus melakukan turun mesin dengan biaya 10 juta ke atas.

Oli apa yang bagus untuk mobil?

ganti oli mobil terdekat

Tentu saja ketika anda sudah tahu fungsi oli ternyata cukup penting dan ada satu pertanyaan sebelum daftar kapasitas oli mesin mobil saya jabarkan. Pertanyaan anda selanjutnya adalah oli apa yang bagus untuk mobil saya. Tentunya pertanyaan ini cukup kompleks, namun anda harus tahu dulu beberapa hal berikut ini.

  • Pahami Karakter Mesin

Hal ini paling penting setelah tahu daftar kapasitas oli mesin mobil nanti karena kecocokan dengan mesin adalah hal vital. Cara paling mudah untuk memahami karakter mesin adalah dengan melihat buku manual. Biasanya dalam buku manual sudah dijelaskan secara rinci mengenai spesifikasi mesin dan jenis oli mesin yang sesuai. Hal yang patut anda pahami adalah kecocokan antara mesin dak kualitas oli, bukan merknya.

Selain itu anda harus paham bahwa oli mesin bensin dan mesin diesel jelas berbeda. Jika mesin berbahan bakar bensin, anda dapat menggunakan oli dengan kode huruf S (Service) atau spark plug ignition. Dimana oli ini digunakan untuk dapur pacu dengan busi atau bensin. Contohnya untuk mesin bensin gunakan kode dengan huruf awalan SA, SB, SC, dst. Semakin tinggi huruf setelah S semakin bagus kualitasnya, contohnya SF.

Sedangkan untuk mesin mobil berbahan bakar solar atau diesel dapat menggunakan oli dengan huruf awal C (Commercial). Memang peruntukannya beda setiap oli tidak dapat digunakan secara silang misalnya oli SA untuk mobil diesel atau oli C untuk mobil bensin. Namun bukan tidak bisa, ada juga oli double grade yang bisa digunakan untuk mobil bensin atau diesel dengan kode API SN/CF namun oli seperti ini cenderung mahal di pasaran.

  • Kekentalan Oli

Daftar kapasitas oli mesin mobil akan sangat revelan sekali dengan Indeks Kekentalan Oli diukur dengan Indeks SAE (Society of Automotive Engineers). Dimana SAE sendiri adalah indeks internasional yang dipakai untuk mengukur kekentalan sebuah oli. Pada dasarnya untuk mengetahui kekentalan oli yang tepat untuk kendaraan dapat anda lihat pada buku manual.

Namun ada beberapa perbedaan penggunaan oli di negara tropis dan negara 4 musim. Pada negara 4 musim penggunaan SAE bisa sampai minus, hal ini dikarenakan pada negara 4 musim, dibutuhkan oli dengan titik didih suhu sangat rendah dibawah 0 derajat Celsius agar saat dipakai oli tidak beku. Berbeda dengan negara tropis seperti Indonesia tidak membutuhkan oli dengan indeks kekentalan lebih rendah daripada suhu 0 derajat. Untuk itu berikut ini daftar indeks oli dan untuk mobil apa saja yang cocok.

Oli SAE 0W-30 sampai 5W-30 Cocok untuk mobil keluaran terbaru dengan teknologi seperti VVT-i, DOHC, SOHC, i-DSI,dll
Oli SAE 10W-30 sampai 15W-30 Cocok untuk mobil dengan umur 5 – 7 tahun
Oli SAE 15W-40 sampai 30W-40 Cocok untuk mobil tua dan kolektor antik

Darisini anda bisa lihat bahwa semakin tinggi SAE nya semakin kental olinya begitupun sebaliknya semakin rendah SAE nya semakin encer olinya. Tentu saja kita tidak bisa langsung memilih menggunakan oli encer pada mobil dengan umur 5 tahun ke atas. Hal ini tidak relevan, karena umur mesin yang baru dengan yang lama berbeda. Mesin baru umumnya memiliki komponen yang rapat sehingga penggunaan oli yang lebih kental seperti SAE 15W atau 20W tidak sesuai. Oli tidak dapat masuk dalam kondisi komponen masih rapat itu sebabnya mengapa anda perlu menggunakan minimal oli dengan SAE 10W sampai 0W.

  • Bahan Pembuatan Oli

daftar kapasitas oli mesin mobil nantinya terbagi menjadi tiga jenis, yaitu oli mineral, oli semi sintetis dan full sintetis. Oli mineral adalah oli yang dibentuk dari 80% hasil minyak bumi yaitu mineral kemudian dicampur dengan 20% zat aditif agar hasilnya bisa stabil. Oli jenis ini yang paling sering digunakan untuk alat berat dan mobil yang memiliki tahun produksi 15 tahun lebih tua daripada mesin mobil sekarang. Harga Oli ini relatif lebih murah dibandingkan oli full sintetis.

Sedangkan Oli semi sintetis adalah oli yang prosesnya mengambil 50% hasil minyak bumi, mineral dan zat aditif serta indeks kekentalan dimana indeks ini tidak terdapat pada mineral. Dengan kata lain, 50% alami dan 50% buatan. Sehingga memiliki kelebihan untuk lebih stabil di suhu panas dan bisa merontokkan kerak pada mesin mobil. Oli jenis ini juga lebih murah.

Kemudian oli full sintetis, dimana oli ini 100% dibuat tanpa mineral, yang ada hanya percampuran zat kimia yang akan menghasilkan peningkatan pada mesin, performa mesin, boost up dan kestabilan pada suhu panas ekstrim sekalipun. Oli ini cenderung lebih mahal dibandingkan kedua oli diatas namun memiliki performa lebih tinggi.

Berikut daftar kapasitas oli mesin mobil yang terbaru

bengkel mobil terdekat

Nah inilah yang ditunggu-tunggu, mengetahui kapasitas oli mesin mobil. Cukup penting karena dengan mengetahuinya anda akan dimudahkan. Serta dengan begini anda tidak dengan mudah ditipu oleh bengkel nakal.

Merk Mobil Tanpa Filter Oli Dengan Filter Oli
Nissan Juke 4.3 L 4.5 L
Grand Livina 1.5 2.8 L 3.0 L
Nissan X-Trail T30 3.5 L 3.9 L
Honda Civic ES 3.6 L 4.0 L
Honda Jazz GE8 3.1 L 3.3 L
Honda City VTEC GD8 3.0 L 3.6 L
Honda CR-V Gen 4 4.0 L 4.2 L
Honda Brio Satya 3.2 L 3.5 – 3.8 L
Honda Mobilio 3.4 L 3.6 L
Honda HR-V 1.5 & 1.8 3.4 L 3.8 L
Honda BR-V 3.4 L 3.6 L
Honda New Accord 3.6 L 3.8 L
Honda Freed 3.4 L 3.6 L
Honda Stream 3.5 L 3.8 L
Daihatsu Xenia 1000 cc 2.1 L 2.3 L
Daihatsu Xenia 1300 cc 2.7 L 3.0 L
Daihatsu Ceria 2.1 L 2.3 L
Daihatsu Espass 3.7 L 4.0 L
Daihatsu Taft/Rocky Diesel 5.5 L 6.0 L
Daihatsu Sigra 1000 cc 2.5 L 2.7 L
Daihatsu Sigra 1200 cc 2.7 L 3.0 L
Hyundai Avega 3.0 L 3.5 L
Hyundai i10 2.5 L 3.0 L
Hyundai Trajet GLS 4.5 L 5.0 L
Hyundai New Santa Fe 2018 6.0 L 6.3 L
Chevrolet Aveo M/T 4.0 L 4.2 L
Chevrolet Spin 1.2 3.5 L 3.8 L
Chevrolet Captiva 2.0 2.6 L 4.0 L
Wuling Cortez 1.5 & 1.8 3.6 L 4.0 L
Toyota Avanza 1500 cc 2.7 L 3.0 L
Toyota Avanza 1300 cc 2.3 L 2.5 L
Toyota Innova 2.5 Diesel 6.4 L 6.6 L
Isuzu Panther 4.5 L 4.7 L
Mitsubishi Outlander 4.3 L 4.5 L

Baca Juga : Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter Mesin

Jadi kesimpulannya, mengetahui daftar kapasitas oli mesin mobil memang perlu dan krusial. Namun, jangan hanya tahu berapa liter oli yang dibutuhkan saja ya. Namun juga anda harus tahu jenis olinya, kekentalannya, serta memahami karakter mesin yang digunakan kendaraan anda. Agar nantinya anda tidak salah beli dan salah memasukkan cairan oli ke dalam mesin mobil anda. Setelah membaca daftar kapasitas oli mesin mobil jangan sampai salah ganti oli ya! karena oli sangat penting untuk mobil anda.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *