4 Cara Mengatasi Asap Putih pada Mesin Diesel Common Rail

Cara mengatasi asap putih pada mesin diesel common rail bukan solusi yang mudah untuk dipraktekkan terutama bagi kalangan otomotif pemula. Namun jangan panik dan tidak perlu khawatir. Bagi anda pencinta otomotif yang masih baru belajar di dunia otomotif, selamat datang dan mari simak artikel berikut untuk mengetahui info lebih lanjut seputar otomotif.

cara mengatasi asap putih pada mesin diesel

bengkel mobil

Cara kerja Diesel Common rail

pada dasarnya teknologi common rail adalah teknologi mesin diesel dimana prinsip kerjanya injektor bahan bakar diatur oleh ECU, dimana pompa bahan bakar akan menekan bahan bakar secara terus menerus  selama mesin hidup, injektor atau nozzle akan membuka ketika injektor mendapat sinyal berupa arus listrik dari ECU (Electronic Circuit Unit) dimana ECU bekerja sebagai otak dari sistem common rail. Pada mesin ini, jumlah bahan bakar dan kapan bahan bakar di injeksi ditentukan oleh perhitungan yang dilakukan ECU berdasarkan data dari sensor seperti suhu mesin, bukaan pedal gas serta kecepatan atau RPM mesin.

Saat kunci kontak dalam posisi ON fuel pump akan bekerja beberapa detik untuk menaikkan tekanan awal solar. Pada posisi ini biasanya akan terdengar bunyi dengung pada tangki selama beberapa detik, ini adalah bunyi fuel pump yang sedang bekerja. Saat menekan tombol starter poros engkol mesin akan berputar sehingga pompa tekanan tinggi juga akan berputar, sehingga tekanan solar akan naik hingga 2000kg/Cm2. Solar bertekanan tinggi ini akan disimpan di dalam komponen yang bernama fuel rail. Pada saat yang sama, kelistrikan common rail akan juga bekerja. Kelistrikan ini akan mengontrol kapan dan berapa lama injektor membuka. Hasilnya injektor akan mengabut ke dalam ruang bakar dan terjadilah pembakaran di dalam ruang bakar secara berkelanjutan.

Kelistrikan pada common rail memiliki tiga kelompok utama yaitu sensor, ECM dan injektor. Sensor berfungsi sebagai pendeteksi, semua informasi yang dibutuhkan untuk mencari solar yang pas. ECM berfungsi sebagai pengontrol, komponen ini akan melakukan kalkulasi data yang dikirim sensor. Sedangkan injektor berfungsi sebagai aktuator yang akan mengeksekusi perintah dari ECM. Injektor ini memiliki solenoid yang akan terbuka jika dialiri arus listrik. Saat solenoid terbuka maka solar dapat mengabut ke ruang bakar.

Melakukan pengecekan

Asap putih yang keluar pada mesin diesel terutama pada saluran gas buang atau knalpot perlu dilakukan pengecekan secara menyeluruh. Hal ini bisa saja dari hal sepele atau pada saat melakukan pengecekan anda akan menemukan sesuatu yang belum anda ketahui. Itu sebabnya perlu dilakukan pengecekan manual secara keseluruhan sebelum mendiagnosa lebih lanjut.

  • Cek Saringan Udara

Cara mengatasi asap putih pada mesin diesel yang pertama adalah lakukan pengecekan terhadap saringan udara. Jika saringan kotor akan membuat udara yang masuk ke ruang pembakaran akan tercampur kotoran sehingga proses pembakaran tidak akan sempurna dan menyebabkan asap putih keluar dari saluran gas buang. Cara mengecek saringan udara adalah sebagai berikut :

    1. lepaskan wing nut (baut kupu-kupu) yang berada di atas filter udara. Namun sebelum itu lepas terlebih dahulu penutup atas filter udara dan keluarkan element filter udara yang berada di tengah filter udara
    2. lepaskan bagian bawah filter udara atau pan air cleaner dengan kunci ukuran 10. Lalu tutup lubang pada flange filter udara/ air cleaner supaya tidak ada benda asing/ kotoran yang masuk
    3. Lepaskan bagian isi dari elemen filter udara dan bersihkan per bagiannya dengan menggunakan solar, kecuali seal yang berada di atas elemen filter udara
    4. Setelah semua dibersihkan, pastikan kondisi busa penyaring dalam kondisi baik, jika sudah dirasa rusak sebaiknya mengganti filter. Lalu pasang kembali elemen filter udara dan pasang terlebih dulu bagian bawah filter udara atau pan air cleanere pada flange air cleaner.
  • Cek Kondisi Ruangan Mesin

Cara mengatasi asap putih pada mesin diesel dengan melakukan cek kondisi ruangan mesin, perhatikan apakah ada kemungkinan oli merembes melewati sela-sela mesin. Jika ya maka bisa jadi akibat seal klep mesin yang rusak atau aus. Akibat yang akan ditimbulkan jika seal klep mesin aus adalah mesin menjadi ngempos, tekanan kompresi rendah, oli menjadi boros, asap putih keluar dari knalpot dan mesin susah hidup. Untuk itu anda perlu melakukan pengecekan dan perbaikan.

Untuk memperbaiki seal klep mobil yang mengalami kebocoran dapat dilakukan dengan cara di skir. Skir adalah proses mengikir dudukan payung klep dengan bagian dudukan klep pada kepala silinder atau siting klep. Proses perbaikan ini biasanya dilakukan melalui pembongkaran kepala silinder serta mencopot bagian klep. Sebaiknya proses ini dilakukan oleh teknisi profesional, karena jika dilakukan oleh orang yang kurang profesional akan mengakibatkan payung klep menjadi tipis sehingga harus diganti dengan klep yang baru, jika tidak diganti akan tetap mengalami kebocoran.

  • Cek Turbo

Cara mengatasi asap putih pada mesin diesel yang ketiga dilakukan jika kondisi mesin kering dan seal klep masih bagus, maka cek bagian turbo. Jika turbo mengalami kerusakan maka oli akan masuk ke ruang mesin. Turbo memang membutuhkan oli untuk melumasi komponennya. Jika terdapat kebocoran maka oli akan masuk ke ruang mesin dan ikut dalam proses pembakaran, akibatnya keluar asap putih dari knalpot.

Untuk mengatasi asap putih pada mesin diesel anda perlu mengecek apakah turbo mengalami kebocoran atau tidak, anda bisa mencopot selang udara dari filter untuk mendapatkan akses ke housing compreesor turbo, sebaiknya komponen ini dalam keadaan kering. Kemudian putar kipas kompresor, perhatikan putarannya. Putaran yang dihasilkan harus lancar dan tidak ada gesekan atau benturan. Lalu periksa radial play yaitu gerakan ke arah kiri dan kanan roda kompresor yang berhubungan dengan roda turbin. Roda ini harus dalam keadaan standar, tidak oblak, sedangkan roda kompresornya tidak boleh ada kontak sama sekali dengan housing compressor turbo.

  • ECU Rusak

Cara mengatasi asap putih pada mesin diesel yang terakhir yaitu ECU atau Electric Control Unit rusak. ECU adalah otak yang mengatur semua daya yang perlu atau tidak perlu untuk menghasilkan putaran mesin agar mobil dapat melaju. ECU mobil yang rusak atau sudah tidak akurat lagi dapat membuat pengaturan sistem pembakaran menjadi kacau dan tidak stabil sehingga pembakaran akan tidak sempurna dan dirasa boros. Oleh sebab itu jika dari ketiga hal diatas tidak ada yang rusak anda patut mencurigai ECU mobil anda. Jika hal ini terjadi anda harus segera membawanya ke bengkel resmi untuk dilakukan scanning menyeluruh dan pengecekan ECU. Biasanya scanning dan remapping (istilah untuk me reset ulang ECU secara default atau saat keluar pabrikan) membutuhkan waktu dan biaya yang lumayan mahal. Maka dari itu, anda perlu menyiapkan budget lebih di luar perkiraan.

Baca Juga : Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Cara mengatasi asap putih pada mesin diesel memang tidak dapat dikatakan mudah karena ada kemungkinan beberapa komponen ada yang aus akibat pemakaian jangka tinggi atau penggunaan dengan mobilitas tinggi. Oleh sebab itu, jika anda merasakan mobil anda mengalami salah satu hal diatas anda perlu melakukan cek mandiri (jika anda bisa) atau anda dapat menelepon salah satu bengkel 24 jam yang terpercaya dan montir bisa datang ke rumah, seperti Dokter Mobil contohnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *