Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes Terbaru & Lengkap

Oli mesin merupakan komponen penting dalam mobil, Karena itu anda perlu tahu biaya perbaikan oli mesin mobil rembes agar tak jadi beban. Hal ini karena memang tak dapat dipungkiri biaya perbaikan oli mesin mobil rembes membutuhkan biaya yang tidak sedikit lho. Maka dari itu, anda perlu menyiapkan budget cukup agar bila saatnya tiba tidak menjadi beban tambahan selain cicilan rumah dan kendaraan.

Ciri Oli Mesin Mobil Rembes

bengkel mobil terdekat

Sebelum Saya kasih informasi mengenai biaya perbaikan oli mesin mobil rembes. Ada beberapa cara praktikal yang dapat anda praktekan di rumah atau di garasi kerja anda. Jika mesin mobil sering mengalami overheat, panah mesin selalu naik meskipun anda sudah mengganti keberapa kalinya air radiator. Bisa jadi memang bukan dari radiator tapi dari mesin mobil. Lebih tepatnya lagi, oli mesin mobil yang berkurang atau bahkan rembes. Coba anda cek bawah kolong mobil anda, jika terdapat cairan kental berwarna hitam kecoklatan maka dapat dipastikan itu adalah oli yang rembes dari mesin.

Oli mesin yang rembes lama kelamaan akan merusak mesin mobil hal ini dikarenakan mobil akan kekurangan oli sebagai pelumas utama dan mencegah terjadinya overheat pada mesin. Oli bocor dari blok mesin sering terjadi karena adanya paking seal yang sudah rusak atau getas. DItambah kebocoran juga bisa dari packing tutup klep, seal suling, seal noken as, seal kruk as serta seal deco.

Nah jika hal ini terjadi, maka sebagian besar anda harus ganti paking seal dan seal lainnya. Memang seal ini bentuknya seperti karet jadi wajar saja jika dalam pemakaian akan sering getas dan cepat rusak. Hal ini karena seal akan sering memuai dan menciut akibat oleh panas mesin. Oleh karena itu, jika anda tidak terlalu ahli sebaiknya bawa ke bengkel terdekat saja. Namun, jika anda penasaran mengganti sendiri boleh saja. Berikut ini caranya.

    • Buka cover plastik penutup mesin, koil dan selang yang menempel. Lalu buka cover silinder head menggunakan kunci 10.
    • Lepaskan packing set yang menempel. Lihat dan perhatikan apakah sudah getas dan ada beberapa yang gompal, jika ya. Lanjutkan mengganti.
    • Bersihkan cover head dari kotoran atau kerak oli yang menempel. Anda dapat mencucinya menggunakan sabun colek dan sikat kawat. Namun pastikan untuk dikeringkan sebelum dipasang ya.
    • Pasang packing klep pada cover head dan beri sealant. lalu setelah paking terpasang, pasang kembali cover silinder head ke tempatnya

Pentingnya Ganti Packing Oli

Selanjutnya cara mencegah agar tidak mengeluarkan biaya perbaikan oli mesin mobil rembes. Mengganti packing dirasa sangat penting karena dengan mengganti packing maka anda dapat mengurangi atau meniadakan rembesan oli sehingga mobil anda dapat berfungsi secara optimal. Namun anda juga dapat menanyakan pada teknisi bersangkutan, jika paking masih layak jalan sampai berapa lama. Perhatikan juga secara fisik bentuk paking yang terakhir anda lihat, yakinkan diri anda jika memang harus ganti atau tunggu nanti berdasarkan dari seberapa banyak yang jebol atau sudah tidak pada tempatnya.

Selain itu alasan lain mengapa paking begitu penting, karena paking juga berfungsi untuk merapatkan baut dengan karter agar oli tidak rembes atau bocor. Packing baut juga memiliki bahan yang berbeda berdasarkan posisi bautnya berada dimana. Bahan paking ada yang dari bahan besi, karet dan kertas. Untuk paking baut oli biasanya oli sering menetes untuk itu ada beberapa pilihan seperti menggunakan ring besi atau aluminium.

Baca Juga : Toko Oli Mobil Terdekat

Agar tidak terjadi rembesan lagi yang mengakibatkan biaya perbaikan oli mesin mobil rembes semakin besar. Anda juga perlu mengganti gasket oil drain plug juga. Hal ini dikarenakan agar oli tidak keluar dan merembes lewat karter oli. Saat anda mengencangkan gasket oil drain plug ini juga tidak boleh sembarangan lho. Lebih baik anda menggunakan kunci torsi agar saat pengencangan dilakukan drat baut dan drat karter oli tidak slek. Dilain sisi hal itu juga bisa mencegah baut oli copot yang akan berakibat fatal untuk keselamatan mesin mobil sendiri. Harga gasket oil drain plug ini juga tidak mahal kok, anda cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp. 15.000,- saja.

Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes

biaya ganti oli mobil

Biaya perbaikan oli mesin mobil rembes dan mengganti packing oli bervariasi tergantung jenis mobil. Biasanya faktor yang mempengaruhi adalah jenis mobil, harga pasaran dan kualitas barang. Namun, anda dapat melihat tabel berikut ini untuk biaya estimasinya.

Ganti Packing Rp. 300.000 – Rp. 5.000.000
Jasa Ganti Packing Rp. 200.000 – Rp. 500.000
Jasa Turun Mesin Setengah Rp. 700.000 – Rp. 800.000

Nah, bagaimana tidak mahal bukan? Tentunya mahal atau murahnya itu tergantung jenis pakingnya. Namun dapat dipastikan biaya perbaikan oli mesin mobil rembes tidak sampai 5 jutaan. Tapi bukan berarti anda ganti packingnya nanti-nanti ya, awas berakibat fatal lho dengan mesin mobil anda. Bisa saja mesin mobil anda mengalami overheat berlebih lalu mati mendadak. Jika sudah begini ya anda harus mengeluarkan kocek cukup dalam untuk turun mesin kisaran biayanya bisa 10 juta lebih. Jangan sampai deh.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *