Catat! Ini Daftar Biaya Ganti Oli Mobil Matic dan Manual

Ganti oli mobil memang merupakan sebuah kewajiban bagi setiap pemilik mobil. sudah tahukah anda biaya ganti oli mobil matic dan manual? Jika belum sudah saatnya anda tahu berapa perkiraan biaya ganti oli mobil di tahun 2020 ini. Namun sebelum anda mengetahuinya ada beberapa hal yang harus anda ketahui sebagai pengguna mobil. Berikut ini info dasar mengenai oli mobil dan daftar biayanya. 

Oli Mineral, Semi Sintetis dan Full Sintetis

berbagai jenis oli

Dari kedua jenis oli ini akan sangat berpengaruh tergantung jenis mobil anda dan kebutuhan anda serta keinginan anda saat menggunakan oli tersebut. Akan tetapi, oli ini terdapat perbedaan yang cukup membedakan dari segi komposisi sampai kegunaannya. Dari berbagai jenis ini akan sangat mempengaruhi biaya ganti oli mobil anda dalam jangka panjang.

Oli mineral merupakan oli yang terbentuk dari hasil alam di perut bumi yaitu mineral. Oli jenis ini merupakan oli yang memiliki rentang harga paling murah jika dibandingkan dengan oli lainnya, hal ini dikarenakan mineral yang diambil dari minyak bumi proses pengolahannya tidak sesulit oli lainnya. Oli ini hanya diberi tambahan zat aditif sebesar 10% agar bisa bekerja dengan baik.

Oli ini paling sering dipakai pada mesin mobil bertenaga diesel dan alat berat, seperti forklift atau crane. Meskipun oli mineral menghasilkan jumlah deposit karbon lebih tinggi dan paling rentan meninggalkan kerak pada permukaan mesin, namun oli mineral memiliki kelebihan seperti, harga yang relatif murah, bisa meminimalisir getaran mesin saat kondisi mesin sudah stabil dan menjaga mesin mobil lawas lebih awet. 

Oli Semi sintetis merupakan oli yang juga 50% diambil dari hasil alam minyak bumi berupa mineral dipadu padankan dengan 50% bahan aditif dan diberi indeks kekentalan dimana indeks kekentalan atau indeks viskositas tidak terdapat pada oli mineral. Fungsi indeks kekentalan ini adalah untuk menguji kemampuan oli dalam menjaga stabilitas kekentalan kepada kinerja mesin dan lingkungan. Oli jenis ini memiliki kelebihan satu tingkat dibandingkan oli mineral yang masih meninggalkan kerak pada mesin.

Kelebihan oli semi sintetis adalah dengan indeks kekentalan yang dibentuk oleh tangan manusia dan kebutuhan manusia, oli ini lebih tahan panas dibandingkan oli mineral, mengandung deterjen dimana deterjen ini akan berfungsi untuk melunturkan kerak dari mesin serta dengan tingkat keenceran tertentu oli semi sintetis bisa masuk ke dalam sela-sela mesin dan melapisi mesin, menjadikan mobil lebih cepat dingin. 

Oli Full sintetis merupakan oli yang dibuat secara kimiawi, hanya sekitar 5% mengambil hasil minyak bumi, mineral. Namun dibeberapa pabrikan, mineral sudah tidak digunakan diganti seutuhnya dengan hasil silang senyawa kimia dari beberapa bahan (tergantung apa yang ingin dicapai pihak pabrikan). Oleh sebab itu oli full sintetis biasanya memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan dengan oli jenis mineral dan semi sintetis.

Selain itu oli full sintetis biasanya juga memiliki indeks kekentalan lebih rendah atau bisa disebut lebih encer. Sehingga dengan kekentalan rendah ini hanyacocok untuk mobil dengan teknologi tertentu seperti CVT, VVT, VVT-i dan lainnya. Serta oli ini kurang cocok digunakan untuk mobil keluaran lawas, hal ini dikarenakan mobil keluaran lawas ada beberapa komponen di dalamnya yang sudah getas dan aus serta banyak gap atau celah sehingga jika dipaksakan menggunakan oli ini mesin mobil tidak akan terlumasi sempurna. 

Indeks Kekentalan Oli Mobil

kekentalan oli mobil

Ini juga salah satu faktor untuk biaya ganti oli mobil, Pada dasarnya indeks kekentalan oli mobil terdapat pada indeks SAE (Society Automotive Engineers) dimana indeks ini diciptakan oleh badan internasional yang melakukan tes uji coba terhadap tingkat kekentalan oli dan kemampuan oli dalam menjaga stabilitas kekentalan oli terhadap suhu mesin. Indeks kekentalan oli setiap mobil pun berbeda-beda tergantung kondisi cuaca dan lingkungan. Seperti kekentalan untuk mobil bernegara tropis tentunya berbeda dengan kekentalan oli untuk mobil bernegara empat musim. 

Baca Juga : Bengkel Ganti Oli Mobil Terdekat

Indeks ini pun menciptakan penomoran sendiri dalam mengatur tingkat kekentalan oli. Seperti 5W-30, 10W-40, 30W-40 dan seterusnya. Apa yang seharusnya anda perhatikan disini adalah tingkat kekentalan pada indeks SAE ini, seperti 10,30 dan 40. Semakin tinggi angkanya maka semakin kental olinya, begitupun sebaliknya semakin kecil angkanya semakin encer olinya. 

Daftar Biaya Ganti Oli Mobil

biaya ganti oli mobil

Bengkel Resmi Bengkel Non Resmi Ganti Sendiri
Biaya Ganti Oli Mobil Transmisi Manual Rp. 400.000,- Rp. 280.000 sampai Rp. 300.000,-  Rp. 100.000,- (biaya filter oli kisaran 30 ribu dan harga oli satu liter kisar 70 ribu)
Biaya Ganti Oli Mobil Transmisi Matic Rentang harga Rp. 700.000 – 900.000,-  Rentang harga Rp. 500.000 – 650.000,- Rp. 100.000,- 

NB: 

  • harga pada bengkel non resmi tiap bengkel memiliki harga berbeda ada yang lebih tinggi ada yang lebih rendah. Ada baiknya anda tanyakan lebih dahulu
  • Biaya ganti oli mobil sendiri memang lebih murah, hal ini dikarenakan anda tidak dikenakan biaya jasa ganti oli. Risiko untuk ganti oli sendiri adalah adanya kesalahan pada pembukaan atau penutupan tutup oli yang kurang rapat. Jika anda kurang berpengalaman sebaiknya anda pikir ulang dan serahkan pada ahlinya. 
  • Biaya pada bengkel resmi biasanya memang lebih mahal namun biasanya jika anda mengganti oli pada bengkel resmi, mobil anda juga akan dilakukan car check up, seperti kondisi radiator, tekanan ban, kondisi wiper dan kondisi aki (jika aki yang digunakan aki basah).
No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *