5 Tips Memilih Bengkel Oli Mobil Terdekat dan Dipercaya

Memilih bengkel oli mobil terdekat dan terpercaya memang cukup sulit. Tentu anda harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum menentukan. Apalagi dengan semakin maraknya bengkel-bengkel nakal yang menjual oli palsu dengan harga tinggi. Anda harus memperhatikan 5 tips memilih bengkel oli mobil terdekat di kota anda. Mari kita simak liputannya.

Tips Memilih Bengkel Oli Mobil Terdekat

ganti oli mobil terdekat

Pilih Bengkel dengan Mekanik berpengalaman

Tips yang pertama dalam memilih bengkel oli mobil terdekat adalah dengan memilih bengkel dengan mekanik yang berpengalaman. Meskipun di saat sekarang ini. Meskipun terdengar cukup mudah namun hal ini sulit dilakukan terutama bagi anda yang kurang memiliki waktu untuk merawat mobil anda. Anda dapat bertanya pada owner bengkel bagaimana sang owner melakukan seleksi tenaga mekanis.

Apakah owner memeriksa latar belakang mekanik dan melakukan cek referensi pada setiap tenaga, apakah kinerja mekanik dimonitor secara berkala. Anda perlu mengetahui hal ini, jika anda punya waktu luangkan sebentar untuk berada di bengkel. Anda dapat mengamati cara mekanik bengkel bekerja, dengan begitu anda bisa benar-benar memutuskan apakah bengkel oli mobil terdekat yang anda pilih adalah yang terbaik di sekitar rumah anda.

Biasanya mekanik yang berpengalaman memiliki pengetahuan yang cukup mengenai sebuah mobil serta memiliki sertifikasi di bidang tertentu misalnya spesialis AC, spesialis suspensi, spesialis power steering dan lainnya.

Pilih Bengkel yang Sistematis Cara Kerjanya

Tips kedua dalam memilih bengkel oli mobil terdekat adalah dengan melihat SOP dan cara kerja mekanik. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, selain anda harus mengetahui mekanik bengkel oli berpengalaman atau tidak, anda juga harus memperhatikan atau bertanya pada manajer atau owner bengkel.

Apakah bengkel oli mobil terdekat memiliki SOP atau standarisasi pengerjaan. Anda juga harus mengetahui SOP secara jelas dengan mengamati saat anda datang ke bengkel, bagaimana perlakuan staff bengkel kepada anda, penerimaan permintaan untuk servis, waktu kedatangan, lama pengerjaan sampai formulir service list.

Jika bengkel yang anda datangi memiliki standarisasi atau SOP yang berlaku biasanya baik staff ataupun mekanik dan karyawan lainnya, memperlakukan anda dengan baik dan tersistem, seperti memberi salam, tersenyum, berkata-kata sopan dan sebagainya.

Pilih Bengkel yang Menyediakan Oli Berkualitas

Tips berikutnya dalam memilih bengkel oli mobil terdekat adalah pilih bengkel yang menyediakan oli berkualitas. Oli berkualitas yang dimaksud adalah oli yang orisinal 100% anda tahu, seperti oli berbotol merah atau abu-abu. Untuk mengetahui lebih pasti secara fisik ada beberapa hal yang anda perlu tahu mengenai oli orisinal dan palsu.

  • Nomor Produksi

Biasanya, produsen oli pelumas meletakkan nomor identfikasi untuk memastikan bahwa itu barang asli yang terletak pada tutup botol dan botol oli. Kedua nomor ini terletak sejajar dan tidak berbeda sama sekali, jika salah satu angkanya berbeda maka dapat dipastikan oli tersebut adalah palsu.

  • Perhatikan Segel pada Tutup Botol

Produsen oli pelumas yang asli sudah menggunakan teknologi modern dan maju dalam merangkai segel tutup botol yang mereka produksi. Ciri yang paling terlihat adalah dengan memperhatikan segel yang terdapat pada tutup botol oli. Segel ini hanya dapat digunakan sekali, jika sudah dibuka maka akan mengalami kerusakan. Jika anda mendapati kondisi segel tutup botol oli pelumas berada pada kondisi tidak sempurna, lebih baik anda kembalikan, sudah dipastikan olinya palsu.

  • Label pada Botol Oli

Beberapa produsen oli pelumas yang asli sering menambahkan logo hologram dan kode tersendiri untuk menunjukkan keaslian produk yang mereka jual. Sedangkan pada oli bekas yang dijual seringkali dicetak dengan kualitas cetak rendah, karena logo dan produk asli biasanya mereka scan dan dicetak ulang. Meskipun tampilan terlihat sangat mirip namun perhatikan detail labelnya. Salah satunya adalah label pada produsen oli yang asli sulit untuk dicopot labelnya, jikapun dicopot atau sengaja ditarik tidak akan semua robek. Sedangkan label pada oli kualitas palsu label dapat dengan mudah dilepas tanpa tenaga besar.

  • Perhatikan Bau dan Warna

Cara ini merupakan cara paling mudah untuk diidentifikasi apakah pelumas yang dijual asli atau tidak. Ciri paling menonjol pada oli atau pelumas yang asli adalah berwarna bening, kuning keemasan atau seperti minyak goreng atau minyak kelapa sawit dan tidak memiliki bau apa-apa sedangkan oli pelumas yang palsu biasanya berwarna cokelat, cokelat hitam dan hitam pekat serta berbau gosong akibat bekas pembakaran.

Pilih Bengkel dengan biaya jasa Rasional

Tips keempat dalam memilih bengkel oli mobil terdekat adalah memilih bengkel dengan biaya jasa yang rasional atau masuk akal. Masuk akal disini adalah adanya transparansi harga yang diberikan kepada anda adalah harga yang sebenarnya. Anda juga dapat membandingkan harganya dengan harga di E-Commerce seperti Tokopedia misalnya.

Saya dapat pastikan harganya tidak berbeda jauh, selain itu juga ada transparansi di billing paper. Dimana pada billing paper akan dicatat jenis oli, filter oli dan jasa nya berapa, pada billing paper juga tercatat logo dan nama perusahaan.

Pilih Bengkel dengan Reputasi Baik

Terakhir memilih bengkel oli mobil terdekat dengan melihat reputasi dari bengkel oli mobil itu sendiri. Anda dapat bertanya pada beberapa teman kantor atau keluarga dekat anda bagaimana pendapat mereka mengenai bengkel oli mobil tersebut. Apakah rekomendasi atau tidak. Anda juga bisa melihat melalui google reviews atau forum otomotif di internet. Bengkel oli mobil terdekat yang memiliki reputasi baik biasanya bengkelnya selalu ramai dan review google nya bagus serta rating diatas bintang tiga.

Baca Juga : Bengkel Ford Terdekat

Demikianlah beberapa tips memilih bengkel oli mobil terdekat. Tentunya tips ini dibuat agar anda dapat memilih bengkel yang tepat dan sesuai dengan anda. Anda juga dapat terhindar dari penjualan oli bodong atau oli palsu dengan harga yang mungkin saja lebih murah orisinal dibandingkan oli palsu. Semoga artikel ini dapat memberikan hidayah bagi anda semua, pembaca setia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *