Perhatikan! Ciri-ciri Bengkel Mobil yang Tidak Jujur

Pernahkah anda kesal, ketika anda baru saja tahu bahwa anda kena tipu terhadap bengkel mobil nakal dan tidak jujur serta tahu bahwa montir bermain harga. Jika ya, selamat anda harus mengetahui mengenai hal ini. Ini dia 5 ciri bengkel mobil yang tidak jujur.

Hati-hati! 5 Ciri Bengkel Mobil yang Tidak Jujur

bengkel ac mobil terdekat

  1. Informasi Palsu

Bengkel mobil seharusnya memberi informasi yang wajar dan tidak dibuat-buat sehingga pelanggan percaya dan kembali lagi ke bengkel. Namun bengkel mobil yang tidak jujur seringkali menyesatkan pelanggan dengan informasi yang merugikan pelanggan. Informasi yang diberikan biasanya berkaitan untuk memaksa secara halus agar pelanggan membeli produk yang dijual. Misalnya jenis oli yang tidak cocok untuk kendaraan anda. Biasanya oli yang ditawarkan adalah produk oplosan atau yang kualitasnya sangat rendah. Selain itu bisa juga laporan kerusakan masalahnya ada banyak sehingga harus mengganti spare parts yang tidak saling berkaitan. Misalnya kondensor AC yang rusak tapi harus juga beli spareparts diluar dari masalah AC seperti filter oli atau minyak rem.

  1. Penjelasan Berbelit-belit

Penjelasan yang diberikan montir berbelit-belit dan terkesan memojokkan pelanggan. Sekali lagi untuk membeli produk yang dijual. Biasanya ketika ditanya contohnya AC tidak dingin namun jawabannya selalu tidak masuk akal. Selain itu, biasanya barang yang dijual adalah barang palsu dengan alasan harganya lebih murah ketimbang yang ori. Hal ini bisa karena faktor ketidaktahuan bengkel mobil atau justru asal membeli produk dari supplier barang palsu atau KW.

  1. Harga yang Dipatok Sembarangan

biaya ganti oli mobil

Pada dasarnya harga yang seharusnya dipatok adalah harga yang sesuai dengan apa yang dikerjakan dan sesuai dari apakah ada pergantian spare parts atau tidak. Atau dengan kata lain, harga dari jasa dan penggantian spareparts seharusnya tidak beda jauh. Namun, jika bengkel mobil ini tidak jujur, harga yang dipatok antara satu pelanggan dan pelanggan lain terpaut cukup jauh atau nyaris sama. Padahal pelanggan A servis spooring, balancing sedangkan anda servis AC misalnya namun harganya bisa hampir mendekati angka 350 ribu. Nah, hal yang seperti ini patut anda curigai ya.

  1. Mengganti suku cadang tanpa persetujuan pelanggan

Nah, ini yang paling nggak banget. Biasanya pada bengkel besar dan profesional sekalipun, mekanik akan bertanya pada anda dan berdiskusi secara langsung hingga memberikan opsi-opsi terkait memperbaiki atau mengganti spareparts. Namun, pada bengkel mobil nakal lain cerita. Spare parts mobil akan diganti tanpa persetujuan pelanggan. Belum sampai diskusi pada pelanggan atau belum sampai deal, montir nakal ini asal mengganti spareparts yang mungkin bisa saja tidak ori dan paling fatal tidak ada hubungannya dengan masalah yang dikeluhkan.

  1. Hasil Servis Asal Saja

Pada kasus ini biasanya sudah terlihat dari cara kerja si mekanik. Pada bengkel profesional biasanya mekanik mengerjakan masalah langsung to the point, ke masalah inti. Misalnya ganti bohlam lampu depan, mekanik akan memperhatikan baik-baik kabelnya, jika terlalu panjang akan dipotong, tidak asal sambung dan selesai. Pola kerjanya pun terlihat rapi dan masuk akal. Namun, pada bengkel mobil tidak jujur tidak begitu. Anda bisa memperhatikan, alat yang dipakai, cara mekanik membenarkan, lalu cara mekanik memasang, selalu saja ada yang tidak kencang. Anda bisa merasakan apakah ia mengerjakan sepenuh hati atau tidak, hasilnya tentu kelihatan kan.

Nah, kalau sudah begini pasti kan anda dan saya sebagai pelanggan yang akan dirugikan. Sudah bayar mahal, kok masalahnya tidak kunjung selesai dan malah menambah masalah baru. Anda patut curiga ya, bisa jadi anda dipermainkan. Oleh karena itu, anda harus mengetesnya dulu sebelum ke bengkel tersebut. Anda bisa mengeluhkan hal sepele dimana anda sudah baca teorinya di website satu minggu sebelumnya. Jika mekanik langsung menjawab berbelit-belit, tidak ada review bagus dari pelanggan lainnya anda harus hati-hati. Karena di jaman sekarang ini, memang mencari bengkel mobil yang tepat sungguh sulit.

Baca Juga : Bengkel AC Mobil Terdekat

Tapi anda tidak perlu khawatir dulu. Karena ada bengkel mobil yang hadir memenuhi kebutuhan saya dan anda sebagai pelanggan. Solusinya, anda cukup ke Dokter Mobil karena terpercaya dan terjamin, memberikan garansi servis, sudah memiliki cabang dimana-mana. Mobil anda akan di handle secara profesional dan hebatnya anda bebas bertanya pada mekanik, melakukan diskusi bahkan terdapat layanan home car service, dimana anda hanya perlu melakukan panggilan dan membuat jadwal perjanjian dengan mekanik. Duduk santai dan tunggu mekanik sampai di rumah anda.

Jadi, kapan ke Dokter Mobil?

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *